• Info Terkini

    Friday, February 20, 2015

    Wah, Lombanya Sudah Ditutup Ya? Aku Kecewa Bingitz!

    Kecewa
    “Wah, lombanya sudah ditutup ya?” “Aduh, kecewaaa sekali, telat”. “Apa masih bisa ngirim naskah?” “Diperpanjang dong Min lombanya, saya baru tahu”. “Please, saya sudah kirim satu jam sebelum deadline, tolong chek ya?”

    Itulah di antara keluhan peserta Sayembara Cipta Puisi Tingkat Nasional Bertema “Aku Bangga Menjadi Orang Indonesia” yang digelar FAM Indonesia sejak 2 bulan belakangan dan resmi ditutup Jumat, 20 Februari 2015, pukul 20.00 WIB, malam. Keluhan lainnya sangat banyak. Padahal, sayembara ini sudah jauh-jauh hari digelar dan pesertanya di-update setiap hari. Jumlah naskah lebih 1.500-an yang sampai hari ini memasuki tahap seleksi.

    Budaya sebagian masyarakat Indonesia, dan telah menjadi rahasia umum, adalah “suka melalaikan waktu dan mengabaikan kesempatan”. Ujung-ujungnya berbuah kekecewaan. Dan, penyesalan selalu datang terlambat.

    Saran FAM Indonesia, untuk setiap lomba yang diikuti, di mana pun dan oleh siapa pun yang mengadakan, biasakan mengirim naskah di awal atau di pertengahan jalannya lomba. Jangan membiasakan mengirim naskah di ujung deadline, karena selain rawan, segala kemungkinan bisa saja terjadi. Misal, ketika Anda berniat mengirim naskah 2 jam menjelang deadline, tiba-tiba listrik mati di rumah Anda, dan akses internet terputus, sementara listrik baru hidup 4 jam kemudian, tentu Anda akan kecewa. Atau juga, email Anda mengalami gangguan, akses internet sulit—belum lagi, karena buru-buru, mungkin saja Anda mengirimkan email tanpa lampiran naskah!

    Tidak banyak panitia lomba membuat update peserta dan judul naskah yang masuk serta diposting di publik lewat jejaring sosial. FAM Indonesia hanya kekecualian yang sedikit di antara penyelenggara lomba yang meng-update peserta dan judul naskah yang masuk. Tentu, pekerjaan ini menambah tenaga ekstra dan membutuhkan waktu. Dengan mengirim naskah di awal atau pertengahan lomba, Anda ikut membantu penyelenggara lomba meringankan tugasnya sehingga proses lomba dapat berjalan lancar dan target waktu yang ditetapkan tercapai.

    Semoga, di kesempatan lainnya, FAMili memanfaatkan kesempatan dan waktu yang panjang untuk menulis, editing, dan mengirim naskah lomba tersebut sebelum masa penerimaan naskah berakhir. Dengan mengirim naskah lebih awal, Anda akan dapat bersantai, atau menyiapkan naskah baru untuk lomba lainnya. Jika mengirim naskah di akhir, bersiap-siaplah untuk panik, cemas, terburu-buru, dan mungkin juga akan kehilangan konsentrasi.

    Terus berkarya. Salam santun, salam aktif!

    FAM INDONESIA

    Lihat koleksi buku karya anggota FAM Indonesia DI SINI
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wah, Lombanya Sudah Ditutup Ya? Aku Kecewa Bingitz! Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top