• Info Terkini

    Tuesday, March 24, 2015

    Penerbitan Buku Dongeng Anak Nusantara

    Penerimaan Naskah: 25 Maret 2015
    Deadline: 25 April 2015

    Dongeng merupakan bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian luar biasa,  penuh khayalan (fiksi), dan dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi. Dongeng juga merupakan bentuk cerita tradisional atau cerita yang disampaikan secara turun-temurun dari nenek moyang. Dongeng berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral (mendidik), dan juga menghibur (Wikipedia.org).

    Setiap orang pasti pernah menyukai dongeng di masa kecil, menjadi bacaan mengasyikkan, hiburan menyegarkan dan menjadi teman pengantar tidur, sebab dongeng selalu akrab dalam kehidupan anak-anak. Namun sayang sekali, minat besar anak-anak pada dongeng tidak diimbangi dengan terbitnya buku-buku baru yang berisi kumpulan dogeng yang menyegarkan, baik dari segi ide dan jalan cerita. Buku-buku dongeng yang banyak beredar sekarang, dominan cetakan ulang dari karya-karya lama.

    Melihat fenomena ini, Penerbit FAM Publishing, Divisi Penerbitan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia, mengajak Anda untuk ikut berpartisipasi dalam penerbitan Buku Dongeng Indonesia dengan tema bebas. Dongeng yang Anda tulis bisa berupa; Mite (cerita hal-hal gaib, seperti dewa, peri, dll), Sage (cerita kepahlawanan, keperkasaan, kesaktian), fabel (cerita binatang), legenda (cerita peristiwa/asal-usul tempat/benda), cerita jenaka (cerita yang menghibur), cerita pelipur lara, cerita perumpamaan ataupun cerita kedaerahan. Meski demikian, apa pun jenis dongeng yang Anda tulis, harus mengandung pesan-pesan moral karena akan dibaca oleh anak-anak Indonesia.

    Nah, bagaimana mengikuti penerbitan Buku Dongeng Indonesia ini? Adapun syarat dan ketentuannya sebagai berikut:

    1. Penulis umum (baik anggota FAM maupun nonanggota, berdomisili di Indonesia maupun mancanegara).

    2.  Naskah ditulis di microsoft word 2003 atau 2007, ukuran kertas kuarto A4, jenis huruf Time New Roman, ukuran huruf 12.

    4. Panjang naskah maksimal 3-4 halaman, 1 spasi.

    5. Di bawah naskah mencantumkan profil penulis dalam bentuk narasi (maksimal 10 baris) serta foto diri.

    6. Di bawah naskah mencantumkan alamat domisili, alamat email dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

    7. Masing-masing peserta cukup mengirimkan 1 (satu) naskah saja.

    8. Naskah dikirim ke email: fampublishing@gmail.com disertai surat pengantar di badan email. Surat pengantar berisi pernyataan keaslian naskah (bukan plagiat/karya orang lain) serta belum pernah dipublikasikan di media manapun. Naskah yang masuk akan mendapat balasan dari admin FAM.

    9. Naskah yang dinyatakan lolos seleksi akan diberikan ucapan selamat melalui email. Nama-nama penulis yang naskahnya lolos akan diumumkan di grup dan fanspage FAM Indonesia.

    Jika Anda sudah mantap, jangan menunggu deadline, segera kirimkan naskahnya.

    Salam santun, salam karya.

    FAM PUBLISHING

    Divisi Penerbitan FAM Indonesia
    Lihat koleksi buku-buku terbitan FAM Indonesia DI SINI
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Penerbitan Buku Dongeng Anak Nusantara Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top