• Info Terkini

    Friday, April 24, 2015

    Selayang Pandang Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia

    Suharyanto
    World Book and Copyright Day
    Hari buku dan hak cipta sedunia lebih dikenal dengan sebutan “Hari Buku” World Book Day. Merupakan  sebuah perayaan bagi pengarang, ilustrator, buku dan literasi yang diadakan setiap tahun di seluruh dunia.  Pertama kali ditetapkan oleh Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Budaya (UNESCO) pada tanggal 23 April 1995. Indonesia pertama kali melaksanakannya di tahun 2006 dengan prakarsa Forum Indonesia Membaca yang didukung oleh berbagai pihak, baik itu pemerintah, dunia usaha, akademisi, komunitas dan masyarakat umum. UNESCO membuat batasan buku di antaranya; buku terdiri dari lembaran-lembaran kertas bercetak; kertas-kertas bercetak itu digabungkan menjadi satu dalam bentuk jili dan; kertas-kertas bercetak itu mempunyai kulit (sampul) yang biasanya menggunakan kertas lebih tebal dan berbeda jenis dengan teks; kertas-kertas bercetak itu mengandung lebih dari 49 halaman; dan cetakannya tidak dilakukan dalam masa-masa tertentu dan tidak berurutan dengan penerbitan yang lain (bukan berkala).

    Buku yang lengkap terdiri dari 4 (empat bagian) atau dikenanal anatomi buku, yaitu: Bagian sampul/kulit, Bagian awal/pendahuluan, Bagian isi/teks, dan Bagian Akhir/Penutup (Postliminaries). Berikut ini isi dari masing-masing bagian:

    1. Bagian Sampul/Kulit

    a. Sampul depan

    b. Sampul belakang

    c. Punggung buku

    d. Jaket

    2. Bagian Awal/Pendahuluan

    a. Hal. Judul Semu (Judul perancis)

    b. Hal. Kosong (hal ii)

    c. Hal. Judul Utama (Title page)

    d. Hal. Hak Cipta (Copyright)

    e. Hal. Persembahan (Dedikasi)

    f. Hal. Ucapan Terima Kasih

    g. Hal. Kata Sambutan

    h. Hal. Kata Pengantar

    i. Hal. Prakata

    j. Hal. Daftar Isi

    k. Hal. Daftar Tabel/Singkatan/Ilustrasi

    l. Hal. Pendahuluan

    3. Bagian Isi/Teks

    a. Judul Bab

    b. Penomoran Bab/Subbab

    c. Alinea Teks

    d. Penomoran Teks

    e. Ilustrasi

    f. Tabel

    g. Judul Lelar (running title) Catatan Samping

    h. Catatan Kaki

    4. Bagian Akhir/Penutup (Postliminaries)

    a. Hal. Daftar Pustaka (Bibliografi)

    b. Hal. Daftar Istilah (Glosarium)

    c. Hal. Catatan Akhir

    d. Hal. Lampiran

    e. Hal. Index

    f. Hal. Pertanggungjawaban ilustrasi

    Beberapa istilah yang terkait dengan buku adalah sebagai berikut:

    Buku elektronik


    (1) Elektronic books (2) e-books (3) Buku digital (4) Bentuk digital dari buku dalam berbagai format (5) Mulai dikembangkan  pada tahun 1971 pada projek Guthenberg dan kemudian disebut ebook oleh Van Damm pada tahun 1975 (6) Buku cetak yang diubah bentuk menjadi elektronik dan untuk dibaca di layar monitor  (7) Buku pada komputer atau internet dengan gambar, teks dan suara menjadi satu. (8) Mencakup buku yang disimpan di internet, CD-ROM (Compact Disk Read Only Memory), CD-i (Disk Interactive) dan DVD (Digital Versatile Disc).

    Buku rujukan


    (1) Buku yang disimpan untuk dijadikan sumber informasi yang tidak diperkenankan digunakan di luar gedung perpustakaan. (2) Buku-buku, seperti kamus, ensiklopedi, kamus ilmu bumi, buku tahunan, buku petunjuk, bibliografi, dan abstrak. Kesemuanya disusun guna memberikan informasi tertentu dan lebih dimaksudkan sebagai sekedar sumber acuan ketimbang untuk dibaca secara keseluruhan. (3) Ciri buku rujukan: disusun menurut abjad, kronologis, dan ada pula yang disusun menurut sistematika subjeknya. Umumnya buku rujukan yang baik dilengkapi dengan indeks.

    Buku tahunan


    (1) Annual (2) Buku yang memuat informasi mengenai catatan kejadian atau perkembangan suatu masalah atau subjek dalam satu tahun terakhir. (3) Memuat kejadian-kejadian dan perkembangan dalam suatu bidang tertentu atau kegiatan dan hasil yang dicapai oleh suatu organisasi tertentu selama satu tahun.

    Terkait dengan hak cipta berikut beberapa istilah yang terdapat dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 28 tahun 2014 Tentang Hak cipta

    1. Hak Cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

    2. Pencipta adalah seorang atau beberapa orang yang secara sendiri-sendiri atau bersama-sama

    menghasilkan suatu ciptaan yang bersifat khas dan pribadi.

    3. Ciptaan adalah setiap hasil karya cipta di bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra yang

    dihasilkan atas inspirasi, kemampuan, pikiran, imajinasi, kecekatan, keterampilan, atau keahlian yang diekspresikan dalam bentuk nyata.

    4. Pemegang Hak Cipta adalah Pencipta sebagai pemilik Hak Cipta, pihak yang menerima hak tersebut secara sah dari Pencipta, atau pihak lain yang menerima lebih lanjut hak dari pihak yang menerima hak tersebut secara sah.

    Selamat Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia tahun 2015

    Salam

    Suharyanto

    Pustakawan
    Perpustakaan Nasional RI
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Selayang Pandang Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top