• Info Terkini

    Selasa, 30 Juni 2015

    FAM Galuh Ciamis Gelar Semarak Ramadhan

    Semarak Ramadan FAM Galuh
    Ciamis (FAMNews) – Keindahan Ramadhan tercermin dari keserasian, keharmonisan, antara keindahan ibadah puasa dan keindahan dalam menjalankannya.

    Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang mengimajinasikan peristiwa kehidupan tertentu yang tidak lepas dari kebudayaan yang berperan penting dalam dunia pendidikan Islam, yaitu sebagai kegiatan melatih diri menahan haus, lapar, dan nafsu, selain itu untuk meningkatkan pengetahuan, mengembangkan cipta, karsa, rasa dan karya. Serta mengembangkan pembentukan watak budaya bangsa.

    Berdasarkan pemikiran di atas, FAM Indonesia Cabang Galuh Ciamis bekerja sama dengan Karang Taruna Mekar dan mahasiswa KKN UPI Tasikmalaya menyelenggarakan SEMARAK RAMADHAN 2015, dengan tema “Meningkatkan Pribadi Mukmin yang Kreatif dengan Kesalehan Puasa”.

    Inspirasi dan imajinasi dalam pikiran dan hati nurani yang diekspresikan dengan kegiatan ini, memandang mampu menciptakan motivasi dan kreativitas pemuda dan pelajar untuk mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan yang positif.

    Maksud diselenggarakannya kegiatan ini, di antaranya: sebagai program kerja FAM Indonesia Cabang Galuh Ciamis, program Karang Taruna Mekar dan program Posdaya KKN UPI Tasikmalaya, mengembangkan minat, bakat, dan kreativitas dalam mengisi bulan Ramadhan untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, menggelorakan gerakan literasi lokal di Kabupaten Ciamis, dan sebagai sarana silaturahmi  dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

    Puncak kegiatan Semarak Ramadhan 2015 ini dilaksanakan tanggal 9-10-11 Juli 2015 (21-22-23 Ramadhan 1436 H) mendatang. Kali ini, dilaksanakan di halaman Masjid Al-Ittihad dan halaman Balai Desa Selacai Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Acara yang digelar adalah Festival Mewarnai untuk TK/RA dan PAUD, Festival Baca Puisi untuk Tingkat SD/MI, Pentas Baca Sajak para penyair Ciamis dan sekitarnya, Pentas Teater oleh Teater Alif dengan lakon “Cahaya di atas Cahaya” karya/sutradara Sekar Tuwuh Kayon Pemayun, Pentas Seni religi diisi oleh seni qasidah rebana, seni marawis, seni perkusi, dll., Pentas Ngadulag berupa pentas seni ngadulag, Tausiyah Ramadhan diisi oleh 3 orang ustaz menjelang buka puasa, Bazar Tajil berupa dagangan khas untuk berbuka dan Buka Puasa Bersama dengan peserta sekitar 200 orang.

    Menurut Cecep Ahmad Hidayat, Ketua Panitia Pelaksana Semarak Ramadhan 2015, dari kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan karakter bangsa Indonesia yang sesungguhnya.

    Sementara menurut Yus Rusmana Sudia, Kacab FAM Galuh Ciamis yang juga Ketua Karang Taruna Mekar, Semarak Ramadhan ini dilaksanakan untuk yang ke delapan kalinya. Agenda kegiatan rutin organisasi. Untuk pelaksanaan tahun ini, kegiatannya lebih semarak dengan digelarnya acara “Ngabuburit” setiap sore selama 20 hari menjelang acara puncak Semarak Ramadhan 2015. Materi ngabuburit ini adalah Roadshow Literasi berupa kegiatan membaca buku, bercerita dan menulis fiksi, serta dengan dibumbui kegiatan permainan tradisi.

    Ya, kegiatan ini tentu saja mendapat apresiasi yang positif dari masyarakat dan pemerintah. Semoga. (Humas FAM Galuh Ciamis)

    Lihat koleksi buku karya anggota FAM Indonesia DI SINI
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: FAM Galuh Ciamis Gelar Semarak Ramadhan Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top