• Info Terkini

    Thursday, June 18, 2015

    Ulasan Puisi "Sesal" Karya Fachrul Rozie Yudha Gunawan (FAMili Bekasi)

    sumber: indahnyaimanku.wordpress.com
    Ketika perubahan besar terjadi di sekitar kita, terutama perubahan dari yang baik menuju buruk, atau setidaknya dari kesukaan menjadi kebencian, maka rasa sesal bisa saja tumbuh. Seperti pada puisi ini. Segala yang baik berubah menjadi buruk, dan segala yang pernah ada hilang tanpa sisa. Yang ada tinggal sesal sebab waktu tidak mungkin jalan ke belakang.

    Hanya saja agak terasa ganjil pada baris pertama yang berbunyi: "ketika kewajiban menjadi kebutuhan". Kewajiban tentu cenderung mengarah pada suatu kebaikan, misalnya "wajib bekerja", "wajib salat", "wajib menghormati kedua orangtua", dsb. Lalu, ketika itu menjadi sebuah "kebutuhan", bukankah justru lebih baik?

    Mungkin ada situasi lain sehingga kebaikan dari kewajiban itu menjadi sangat buruk sesudah berubah jadi kebutuhan. Atau dari awal memang tidak ada kebaikan dari kewajiban itu, seperti misalnya, kita diwajibkan kerja paksa tanpa upah, atau diwajibkan membayar upeti pada raja yang lalim.

    Dari segi EYD, tidak ada kesalahan eja. Hanya dari penyajian dan pilihan diksi yang kurang.

    Saran dari Tim FAM agar penulis terus berlatih dan hendaknya tidak ragu untuk bermain kata. Tidak memakai diksi "berwarna" tidak masalah, pun bila memang menginginkan diksi "warna-warni" juga tidak soal. Semakin sering bermain kata dalam puisi, maka rasa yang ada dalam puisi akan semakin terasa. Teruslah berkreasi dan jangan ragu mencipta gaya puisi Anda di kemudian hari.

    Salam santun, salam karya!

    TIM FAM INDONESIA 

    www.famindonesia.com
     

    [Berikut Asli Puisi Penulis Tanpa Editing dari Tim FAM Indonesia]

    SESAL 

    Fachrul Rozie Yudha Gunawan  (IDFAM3381M)

    Ketika kewajiban menjadi kebutuhan
    Ketika pertemuan menjadi perpisahan
    Ketika persahabatan menjadi permusuhan
    Ketika kehormatan menjadi kehinaan

    Ketika hidup tak lagi berarti
    Ketika cinta tak lagi indah
    Ketika mimpi tak lagi berharap
    Ketika semuanya telah pergi

    Lihat koleksi buku karya anggota FAM Indonesia DI SINI
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ulasan Puisi "Sesal" Karya Fachrul Rozie Yudha Gunawan (FAMili Bekasi) Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top