• Info Terkini

    Rabu, 08 Juli 2015

    Pendidikan yang Menyesatkan

    Judul: Pendidikan yang Menyesatkan
    Penulis: Ahmad Doni Ramadhan
    Kategori: Nonfiksi
    ISBN: 978-602-335-058-2
    Terbit: Juli 2015
    Tebal: Viii + 273 hal; 14 x 20 cm
    Harga: Rp47.000,-

    Liberalisasi pendidikan memang menyediakan “surga” bagi para pengusaha yang memandang bahwa pendidikan adalah komoditas bisnis. Konsep sekolah yang seperti ini juga disinggung oleh Freire sebagai model pendidikan bergaya bank (banking concept of education). Dalam sistem pendidikan bergaya bank ini, Freire menggambarkan bahwa para peserta didik diberikan ilmu pengetahuan sebagai sebuah investasi karena diharapkan kelak akan mendatangkan keuntungan berlipat. 

    Peserta didik dalam konsep menyebalkan ini dipandang sebagai objek investasi dari sumber deposito yang potensial mendatangkan keuntungan. Dengan demikian, peserta didik dikelola sebagai sumber pendapatan yang bisa mendatangkan laba. Peserta didik dipersamakan dengan sebuah unit usaha yang bisa menjadi penghasil uang.

    Sekolah yang didirikan dengan orientasi uang menyandarkan pendidikan pada budaya kapitalis. Dengan demikian, pola sekolah pun tunduk dengan ikut mengikuti ritme dunia industri. Sistem pendidikan semacam ini, menekankan pelajaran yang mesti dikuasai peserta didik adalah membaca, menulis, dan berhitung (calistung) ditambah beberapa mata pelajaran lainnya yang sifatnya formalitas belaka. Kurikulum standar itu dibangun untuk menyembunyikan “kurikulum terselubung” yang mengagendakan tiga poin penting yaitu: tepat-waktu (punctuality),kepatuhan (obedience), dan kerja-berulang (repetitive work). Tiga poin itu adalah standar minimal yang diinginkan pabrik kepada tenaga kerjanya. 

    [Info pemesanan dan penerbitan di FAM Publishing hubungi Call Centre 0812 5982 1511, atau via email forumaktifmenulis@yahoo.com. Kunjungi toko online FAM di www.fampublishing.net]

    Lihat koleksi buku-buku karya anggota FAM Indonesia DI SINI
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pendidikan yang Menyesatkan Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top