• Info Terkini

    Friday, August 28, 2015

    Apa Sih Beda “Forum Aktif Menulis” dan “Forum Aishiteru Menulis”?

    Hmm, ini pertanyaan yang sering mampir ke meja FAM Indonesia. Apa bedanya ya? Mana yang benar sih, pakai kata “Aktif” atau “Ashiteru”? Bingung.

    He-he. Bingung dulu bertanya kemudian. Tak bertanya, jalan-jalan deh. 

    Tandanya kamu perhatian banget dengan FAM Indonesia. Karena kamu sudah perhatian, maka ini jawaban tepatnya untuk menghalau kebingunganmu itu.

    Konon, pada zaman dahulu kala... Cieee, malah jadi dongeng, he-he. 

    Ceritanya begini. Alkisah, jreengg... di tanggal 2 Maret 2012, berdirilah FAM Indonesia. Mulanya, komunitas menulis ini bernama “Forum Aishiteru Menulis.” Oleh para penggagas dan pendirinya, FAM semata untuk menggelorakan semangat literasi di dunia maya, seiring semakin menjamurnya pengguna jejaring sosial, khususnya facebook.

    Nah, kamu pasti bertanya-tanya tentang kata ‘Aishiteru’ itu, bukan? Kok agak ke-Jepang-Jepang-an ya? 

    Di awal FAM berdiri, memang dipakai kata “Aishiteru” yang diadopsi dari bahasa Jepang. Artinya “aku mencintaimu”. Di masa itu, kata “Aishiteru” menjadi kata yang sangat terkenal di kalangan remaja Indonesia, terutama setelah dipopulerkan salah seorang penyanyi muda Tanah Air. Di kalangan remaja usia pelajar dan mahasiswa, kata “Aishiteru” menjadi “demam massal” dipakai para remaja dan ditujukan kepada lawan jenis. Menyikapi fenomena itu, FAM mengambil momen “demam nasional” tersebut dan mengadopsi kata “Aishiteru” di antara kata “Forum” dan “Menulis”. Lengkapnya “Forum Aisiteru Menulis”. Tujuannya agar generasi muda Indonesia “mencintai menulis”.

    Kemudian, FAM membuat grup di facebook dengan nama “Forum Aishiteru Menulis” serta menggunakan akun admin “Aishiteru Menulis”. Sejak itu FAM Indonesia populer dengan semboyan komunitas yang menyebarkan “Aishiteru Menulis”.

    Siapa sangka, kelahiran FAM Indonesia disambut positif banyak orang, khususnya kalangan pelajar dan mahasiswa. Anggota baru yang ingin bergabung membludak dan membuat admin kewalahan. Ternyata, setelah dibaca formulir pendaftaran peserta itu, peminat komunitas ini bukan saja dari kalangan remaja, tapi banyak juga dari kalangan dewasa yang usianya 40 tahun ke atas. Wow, sebuah sambutan yang tidak terduga tentunya.

    Suatu hari, ketika Tim FAM Indonesia melakukan sosialisasi ke sebuah sekolah, seorang guru bertanya, kenapa memakai kata “Aishiteru”? Bukankah ini Indonesia dan ini komunitas menulis yang menggunakan bahasa Indonesia? 

    Deg! Pertanyaan itu membuat Tim FAM Indonesia merenung. Benar juga, kenapa harus ke-Jepang-Jepang-an? Bukankah Jepang (kolonial) sudah angkat kaki dari bumi pertiwi? Jangan lagi kita dijajah oleh bangsa lain walau hanya lewat bahasanya.

    Lalu, dengan semangat ’45 dan membawa bambu runcing, eh, maksudnya membawa masukan guru di lapangan tadi ke meja diskusi Tim FAM, disepakatilah untuk mengganti kata “Aishiteru” dengan kata yang lebih meng-Indonesia agar rasa Nasionalisme itu tetap ada. Sehari-dua hari belum bertemu itu kata. Makan tak enak tidur tak nyenyak. Tim FAM berkerut kening, mencari kata tepat tanpa menghilangkan huruf “A” pada kata “Aishiteru” sebelumnya dan singkatan forum tetap “FAM”.

    Setelah berdiskusi panjang, akhirnya jatuhlah dari loteng kantor FAM Indonesia kata “Aktif”. Toeng... toeng..., bunyinya. Kata itu disambut penuh kegembiraan, ditimang-timang untung-ruginya. Sebab, menyandang kata “Aktif”, konsekuensinya, komunitas ini harus benar-benar aktif, tidak hidup sekali sesudah itu mati, tidak semata berkoar tetapi juga berkarya. Dan, banyak pertimbangan lain menyandang kata itu. Lalu akhirnya, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, FAM memutuskan memakai nama “Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia.  Alhamdulillah.

    “Oh, begitu ya?”

    Iya, begitulah asal mulanya.

    “Hmm, oke deh, paham. Lalu, kenapa nama ‘Forum Aishiteru Menulis’ atau akun ‘Aishiteru Menulis’ masih dipakai?”

    Benar, kata “Aishiteru” masih dipakai sampai hari ini—menjelang empat tahun usia FAM Indonesia. Kata Bung Karno, “Jas Merah”, jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Karena kata “Aishiteru” adalah sejarah awal berdirinya FAM Indonesia, sebagai kenangan, kata itu tetap dipakai, di samping ketika Tim FAM hendak mengganti nama Grup “Forum Aishiteru Menulis” menjadi “Forum Aktif Menulis” terkendala oleh soal teknis di mesin faceboook. Rupanya, jika anggota yang gabung di grup sudah melebihi 5000 orang, nama grup tidak bisa diubah lagi—sementara ketika itu anggota grup sudah mencapai 8000 orang. Sebagai penyeimbang, dibuat juga fanspage dengan nama “Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia”, alhamdulillah bisa.

    Tapi kamu tak usah cemas, sebab nama “Aishiteru” hanya ada di dunia maya, khususnya akun admin dan grup FAM. Di dunia nyata, komunitasmu ini tetap memakai kata “Forum Aktif Menulis”. Kamu bisa datang langsung ke Pare untuk melihat kantor FAM dan segala aktivitas di dalamnya yang seluruhnya memakai kata “Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia”.

    Khusus grup “Forum Aishiteru Menulis” di facebook semata wadah interaksi dan komunikasi sesama pengurus dan anggota FAM Indonesia dan tempat berbagi info kegiatan-kegiatan FAM Indonesia yang digerakkan para pegiatnya di seluruh daerah. Maka, jika kamu ingin tahu apa kegiatan FAM terbaru, sering-sering saja masuk ke grup dan lihat langsung postingan-postingan admin yang setiap satu jam sekali selalu ada postingan terbaru dan membuatmu bertambah “aishiteru”.

    Untuk bergabung di grup FAM, kamu tidak perlu mendaftar jadi anggota resmi FAM dan mengantongi nomor IDFAM terlebih dahulu. Nomor IDFAM hanya untuk anggota resmi saja. Jika kamu belum ingin menjadi anggota FAM, tidak apa-apa, cukup ‘intip-intip’ saja dulu, baca-baca postingan atau sekadar komentar plus bubuhkan tanda like bila perlu. Jika hatimu kelak sudah “aishiteru” pada FAM, tak ada salahnya kamu mantapkan tekad bergabung menjadi anggota resmi komunitas ini. Caranya? Gampang deh, buka saja website FAM Indonesia di www.famindonesia.com. Di sana ada panduannya, lengkap. Kalau ragu bisa kontak langsung call centre FAM di nomor 0812-5982-1511 atau email: aktifmenulis@gmail.com. Pertanyaan-pertanyaanmu akan dijawab dengan baik, dan kamu akan ditunjukkan ke jalan yang lurus, eh, maksudnya jalan menjadi anggota FAM Indonesia. 

    Sangat mudah, bukan? Begitulah, kehadiran FAM Indonesia memang untuk memudahkanmu berkaya. (*)

    Ingin menerbitkan buku di FAM Publishing? Hubungi call centre 0812-5982-1511 atau email: aktifmenulis@gmail.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Apa Sih Beda “Forum Aktif Menulis” dan “Forum Aishiteru Menulis”? Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top