• Info Terkini

    Wednesday, August 26, 2015

    Mau Jadi Penulis? Aktif, Baca dan Bergaullah!

    NET
    Kamu tahu nggak, modal jadi penulis gampang kok. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Kamu cukup menjadi anak ABG!

    Eits, tapi tunggu dulu. Maksudnya bukan “Anak Baru Gede”. Tapi, ABG adalah “Aktif, Baca, Gaul”.

    Kamu harus “aktif”. Ya, seaktif-aktifnya, dalam kegiatan apa pun. Hadiri pertemuan-pertemuan (seminar, workshop, diskusi, pertunjukan teater, perlombaan), dan jangan sungkan-sungan menunjuk tangan jika kamu harus bicara atau bertanya. Tidak zamannya lagi kamu takut-takut seperti masa sekolahan; duduk paling belakang sebab takut disuruh guru mengerjakan tugas di depan. Aktifnya dirimu akan menunjukkan siapa kamu. Di situ kamu akan terlatih dalam situasi dan kondisi apa pun yang kelak akan berguna ketika kamu sudah menjadi penulis benaran.

    “Baca” sudah pasti, dan ini paling klasik di dunia tulis-menulis. Para empu penulis selalu mewanti-wanti, kalau mau jadi penulis jadi pembaca terlebih dahulu. Kalau nggak mau baca, kamu tetap bisa menulis, tapi tulisanmu kering, tidak bersumber dari pengetahuan yang kamu miliki. Orang yang membaca saja tanpa menulis, sama seperti orang memasukkan makanan terus menerus ke tubuhnya, lama-lama perutnya kembung. Tidak ada pengeluaran dari tubuhnya. Kalau menulis saja tidak membaca, persis mengeluarkan sesuatu dari tubuh terus menerus tanpa isi ulang. Jika terus begitu, kamu bisa kena ambien!

    Nah, bacalah apa saja; buku, koran, majalah, tulisan-tulisan di internet, iklan-iklan di jalanan, dan segala huruf yang kamu temukan yang bisa dibaca!

    Terakhir, kamu harus menjadi anak “gaul”. Ya, kumpulkan banyak teman. Temanmu jangan teman yang senasib denganmu saja, tapi jadikan teman-teman lain yang nasibnya lebih baik darimu. Kalau temanmu senasib, ya nasibmu bakal begitu-begitu saja, tidak ada perubahan. Tapi jika temanmu nasibnya lebih baik darimu, kamu akan dapat menjadikan dirinya sumber inspirasi dan motivasi bagimu untuk hidup lebih baik.

    Lebih jelasnya, bertemanlah dengan penulis-penulis yang sudah lebih dulu berkarya atau mempunyai prestasi di bidang kepenulisan. Jangan sungkan bertanya kepada mereka bagaimana mereka menggapai semua karya dan prestasi itu. Merendahlah, dan tampung semua ilmu yang temanmu miliki lalu cobalah belajar dari hal-hal mudah. 

    Semuanya butuh proses. Kamu yang bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa hari ini, jika terus belajar dan berusaha, kelak akan menjadi apa-apa dan menjadi siapa. Bahkan, jika kamu bersungguh-sungguh, karya dan prestasimu akan melampaui karya dan prestasi teman-temanmu. Kamu bisa membuktikannya kok. Berjuanglah!

    Tidak saatnya lagi profesi menulis dianggap profesi tidak menjanjikan. Di masa lampau, jika ada seorang pemuda yang bekerja sebagai penulis, dan hendak melamar anak gadis orang, calon mertua berkerut kening lebih dulu. Apa pasal? Di benak calon mertua terpikir, mau diberi makan apa anaknya? Berapa penghasilan penulis? Ternyata, pekerjaan menulis belum dianggap sebagai sebuah pekerjaan seperti halnya jika kamu jadi PNS, dokter, guru, insinyur, pengusaha, dan sejenisnya. Mereka hanya tidak tahu bahwa kamu adalah seorang pengusaha keren; pengusaha kata-kata, yang dari tulisan-tulisanmu akan menghasilkan banyak uang kelak. Di luar negeri, calon menantu idaman adalah penulis!

    Nah, kamu harus mengubah imej penulis kere menjadi penulis parlente. Tapi, dalam proses belajar ini, kamu jangan sedikit-sedikit mikirin duit, nanti kamu jadi mata duitan!

    Jalani saja proses dulu. Duit bakal menyusul jika kamu sudah benar-benar profesional menulis. Agar profesional, sejak dini aktiflah, membacalah, gaullah! Jangan diam-diam saja. Kalau punya buku, promosikan bukumu. Jangan menunggu penerbit yang mempormosikannya. Kamu juga harus aktif berpromosi. Kecap saja masih dipromosikan lho, apalagi bukumu. Siapa yang akan beli kalau bukumu cuma kamu peluk-cium di rumah?

    Selamat menjadi penulis. Eh, jadi penulis ni yeee....! (Muhammad Subhan, pegiat FAM Indonesia)

    Ingin menerbitkan buku di FAM Publishing? Hubungi call centre 0812-5982-1511 atau email: aktifmenulis@gmail.com.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mau Jadi Penulis? Aktif, Baca dan Bergaullah! Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top