• Info Terkini

    Thursday, October 15, 2015

    Meike Sumeler (Jakarta): “Suka Nulis Sejak Kecil, Tapi Baru Sekarang Aktif Mempublikasikannya”

    Mieke S
    Penulis dilahirkan di sebuah kota kecil di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, 27 Mei 1964, merupakan anak ke-6 dari 7 bersaudara.  Ia tercatat sebagai anggota Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia dengan nomor: IDFAM377OU pada tanggal 12 Oktober 2015.

    Meike tumbuh di keluarga yang sangat sederhana dengan disiplin moral yang tinggi dari seorang Ayah yang penuh dengan wejangan dan kasih sayang yang adil, ia ingin semua anak-anaknya hidup dalam jalan yang lurus, rajin dan menjunjung tinggi kejujuran dan takut akan Allah. Dan dari seorang Ibu yang begitu lembut dan penuh kasih sayang, ia sejak kecil diajar untuk suka membaca karena Ibunya berkata, “Anak pintar adalah anak yang suka membaca.”

    Jadi sejak mulai bisa membaca di kelas 2 SD maka ‘makanan sehari-hari’ setelah pulang sekolah adalah membaca, dari buku dongeng anak-anak, komik anak-anak, buku silat sampai buku sejarah.

    Hobby membaca membuat Meike suka menulis.  Ketika duduk di kelas VI SD ia menulis cerita pendeknya yang pertama dan diberikan kepada kakaknya yang bernama Poppy dan kakaknya mengatakan bahwa dia punya bakat menulis kelak bisa menjadi penulis yang baik dan ini menjadi mimpinya di usia dini “Menjadi seorang Penulis yang baik.”  Tetapi seiring dengan waktu mimpi ini belum menjadi kenyataan sebab di tengah-tengah kesibukan sekolah kemudian bekerja di sebuah perusahaan swasta yang ada di Jakarta Meike hanya bisa menggunakan waktu luangnya di malam hari untuk menulis dan hasilnya hanya disimpan dalam lemari atau laptop sekedar menjadi koleksi pribadi tanpa pernah ada usaha lebih lanjut untuk mulai mempublikasikannya.

    Di tahun 2014 kembali kakaknya, Poppy, berkata, “Nanti kalau engkau tidak bekerja lagi maka aktifkan lagi kecintaanmu menulis dan mulai mempublikasikannya, aku siap mengeditnya. Mungkin hal itu tidak akan membuatmu menjadi kaya raya tetapi akan membuat jiwamu semakin bahagia.” Dan dorongan ini membuatnya kembali bersemangat untuk membuka kembali file tulisan-tulisan yang pernah dibuatnya berupa puisi dan cerita-cerita pendek bahkan novel yang perlu dirapikan/diedit lagi untuk nanti coba dipublikasikan.

    Puji Syukur kepada Allah yang Maha Kuasa di bulan Juni 2015 Meike menemukan situs FAM Indonesia dan langsung merasa sangat tertarik dengan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia yang menurutnya begitu santun, aktif dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para anggotanya dan nonanggota turut aktif dalam mengekspresikan Kreasi dan Imajinasinya dalam menulis. Meike mecoba memasukkan dua puisinya untuk dimuat dalam buku Antologi Puisi “Setangkup Kata Cinta untuk Orang Tercinta.” Sekarang buku itu telah terbit dengan Judul “Dua Menit Satu Detik” Jilid 1.

    Sebagai penulis pemula, ia sadari masih memerlukan begitu banyak pembelajaran seputar menulis. Ia kemudian bergabung sebagai anggota di FAM Indonesia dan  ikut mengisi beberapa Buku Antologi Cerpen dan Puisi serta Lomba Cerpen Remaja yang akan diterbitkan oleh FAM Publishing. Dengan begitu ia jadi bisa mengasah pena untuk menciptakan karya.

    Saat ini ia masih dalam proses pengerjaan Buku Kumpulan Cerpen “Rinai Kehidupan”. Semoga dalam restu Allah yang Maha Kuasa dapat diselesaikan secepat mungkin untuk diterbitkan. Untuk itu tak lepas dari berharap mendapatkan bimbingan dan pengarahan dari Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia.

    Meike bisa dihubungi melalui FB: Meike S, e-mail: hobbymenulis@gmail.com. (*)

    Ingin menerbitkan buku di FAM Publishing? Hubungi call centre 0812-5982-1511 atau email: aktifmenulis@gmail.com.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Meike Sumeler (Jakarta): “Suka Nulis Sejak Kecil, Tapi Baru Sekarang Aktif Mempublikasikannya” Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top