• Info Terkini

    Tuesday, October 27, 2015

    Ulasan Puisi "Semangat Pahlawan" Karya Putri Ningsih (FAMili Pasaman)

    Menulis puisi memang tak lepas dari keindahan. Dan "indah" dalam hal ini bisa dicapai keterampilan penulis dalam menyusun diksi. Puisi ini terkesan hambar dan klise, juga tidak indah. Kita kurang merasa bergairah atau bersemangat seakan para pahlawan masa lampau berkumpul di dekat kita. Tidak ada rasa itu. Bila diibaratkan menanak nasi, ada yang kurang matang pada banyak bagian. Ini bukan berarti pilihan diksi yang sederhana, tapi penataan dan paduan per kata kurang bisa meraih atau setidaknya membuat hati pembaca tersentuh. 

    Diharapkan ke depan penulis bisa memperdalam rasa untuk mengolah kata per kata menjadi kuat. Misalnya dalam puisi yang memakai judul 'semangat'; penulis perlu mencari sesuatu yang bisa membuat pembaca bersemangat setelah menyelesaikan bait-baitnya. Ini tidak akan bisa sekejap. Butuh proses panjang dan latihan yang tekun. Penulis harus terus mengolah cara dan rasa, juga belajar dari puisi-puisi para penyair nasional, serta tidak lupa untuk menguji kedalaman puisi dengan mengirimkannya ke media massa. Dengan demikian diharapkan puisi-puisi selanjutkan akan lebih berbobot dan nikmat.

    Salam aktif!

    TIM FAM PUBLISHING

    BERIKUT NASKAH ASLI TANPA EDITING

    Semangat pahlawan
    Karya: Putri Ningsih (IDFAM3758M)

    sebelum 1945
    berlumuran darah didadamu
    demi bangsa Indonesia
    dan tanah air
    kau tak pernah menyerah
    pantang mundur
    wujud semangatmu pahlawan
    Indonesia merdeka
    bebas jajahan
    sang merah putih kini berkibar
    di langit nan biru

    Kinali,  13 Maret 2010

    Ingin menerbitkan buku di FAM Publishing? Hubungi call centre 0812-5982-1511 atau email: aktifmenulis@gmail.com.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ulasan Puisi "Semangat Pahlawan" Karya Putri Ningsih (FAMili Pasaman) Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top