• Info Terkini

    Saturday, January 2, 2016

    Harun Gafur: “Bentenglah Ilmu dengan Menulis”

    Harun Gafur
    Harun Gafur, penulis kelahiran Waci, salah satu desa di Pulau Halmahera bagian Timur Indonesia, pada tanggal 28 Oktober 1989 ini, merupakan putra pertama dari tiga bersaudara pasangan bapak Gafur Haliun dan Ibu Nurmini Jafar. Menghabiskan waktu kecilnya di kampung halaman. Dulu sekolah Dasar di SD Negeri Waci, SMP Negeri 2 Maba, SMA Negeri 3 Halmahera Timur. Menyelesaikan pendidikan S1 jurusan PIPS program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Khairun Ternate 2014, dengan lulusan predikat cumlaude. Saat ini ia melanjutkan studi Magister pada Jurusan Civic Education di Universitas Negeri Yogyakarta, dengan program Beasiswa LPDP.

    Dalam berorganisasi, beliau aktif sebagai Ketua Bidang Pers dan Jurnalis Himpunan Mahasiswa Civic Hukum FKIP Universitas Khairun Ternate tahun 2011, Pendiri Forum Study Civic Education Unkhair tahun 2012, Ketua Bidang Pengembangan Anggota Badan Eksekutif Mahasiswa FKIP Universitas Khairun Ternate tahun 2012, Ketua Departemen Kebijakan Publik Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam Lembaga Dakwah Kampus Babussalam Universitas Khairun Ternate tahun 2013, Ketua Bidang Penyelidikan dan Advokasi Komunitas Pemberantasan Korupsi (KAPAK) Maluku Utara tahun 2012, Pejabat Ketua Umum Sentral Organisasi Pelajar Mahasiswa Indonesia (SeOPMI) Halmahera Timur Maluku Utara tahun 2013, pendiri sekaligus Ketua Umum Ikatan Pelajar Mahasiswa Waci (IPMW) Maluku Utara tahun 2012. Ia pernah menjadi peserta Konggres Kebudayaan Pemuda Indonesia Jakarta 6-9 November tahun 2012, pernah diundang menjadi narasumber pada dialog momentum pemilihan Gubernur Malut tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Gerakan Mahasiswa Pembebasan Maluku Utara dengan tema: “Islam dan Demokrasi”, beliau juga pernah mengajar di FKIP Universitas Khairun Ternate sebagai asisten Dosen.

    Keinginannya ingin menjadi penulis sempat padam beberapa waktu lalu. Namun, dengan motivasi dari dosen dan teman-teman penulis yang lain akhirnya kembali bangkit. Karena menjadi penulis merupakan salah satu impiannya. Ia mulai ikut berbagai seminar kepenulisan. Salah satu karyanya dipublikasikan dalam bentuk buku ‘Mahasiswa dan Dinamika Dunia Kampus’ yang diterbitkan pada bulan Juni 2015 oleh Rasibok. Penerbit CV. Rasi Terbit. Dan pernah anggota redaksi buletin kampus. Dia bergabung di Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia sejak bulan Desember 2015 dengan resmi mengantongi ID FAM: IDFAM3980U.

    Saat ini beliau tinggal di Jalan Samirono CT VI 97 RT 03 RW 01 Desa Caturtunggal Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta. 

    Bagi teman-teman yang ingin barbagi pengalaman dan berdiskusi tentang dunia tulis-menulis bisa menghubungi Harun Gafur di: 082396380897, email: harungafurhaliun1@gmail.com, Facebook: Harun Gafur. (*)

    Ingin menerbitkan buku di FAM Publishing? Hubungi call centre 0812-5982-1511 atau email: aktifmenulis@gmail.com.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Harun Gafur: “Bentenglah Ilmu dengan Menulis” Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top