• Info Terkini

    Sabtu, 02 Januari 2016

    Yovi Guantara Tanjung: “Sejak 90-an Menggeluti Dunia Tulis-Menulis”

    Yovi Guantara Tanjung
    Yovi Guantara Tanjung lahir di Curup 1 April 1978. Putra Sulung dari bapak Muhammad Yakub Agus dan Ibu Kartina Darwis. Memulai pendidikan di SD Negeri 2 Centre Curup, Kabupaten Rejang Lebong (kelas 1), kemudian pindah ke SD Negeri 1 Air Periukan (kelas 2), Kabupaten Bengkulu Selatan (kini menjadi Kabupaten Seluma). Kelas 3 dan selanjutnya menamatkan di SD Negeri 26 Kota Bengkulu.

    Setelah itu melanjutkan ke SMP Negeri 1 Bengkulu hingga tamat. Kemudian melanjutkan pengembaraan keilmuannya ke STM Negeri Bengkulu, dengan meraih beasiswa dari Yayasan SUPERSEMAR. Karena pengaruh resesi yang terjadi, semula ia lulus  seleksi PMDK Teknik Elektro IKIP Padang, Sumatera Barat, namun terpaksa kandas karena tidak ada biaya. Lama setelah itu, ia mendaftar di Universitas Terbuka, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Program S-1 Administrasi Bisnis hingga selesai pada akhir 2012. 

    Telah menghasilkan karya berupa esai, cerpen, puisi, resensi buku, artikel populer, sains dan gambar lukisan anak. Beberapa di antaranya pernah menghiasi media cetak lokal maupun nasional seperti: Majalah Bobo, Majalah  Ananda, Majalah Kawanku STIL, Majalah Sahabat Pena, Majalah Merpatipos, Kompas Anak, Majalah Harmoni, Jurnal Raimuna Nasional ’97, Harian Republika, Tabloid Keren Beken, Majalah Anak Ino, Majalah Anak Islam Wildan, Tabloid Jelita, Harian Semarak, Harian Rakyat Bengkulu, Harian Bengkulen Pos, Koran Lintas, Tabloid Benteng dan Tabloid Cakrawala. 

    Menggeluti hobi menulis sejak tahun 1990 sewaktu mengikuti Lomba Karya Tulis Hemat Energi Tingkat Nasional PERTAMINA & Pekan Tabungan Nasional (KANTANAS) Bank Indonesia di Jakarta. Tahun 1997 mengikuti Lomba Karya Tulis Sapta Pesona yang diselenggarakan oleh Kanwil Departemen Pariwisata Pos dan Telekomunikasi Provinsi Bengkulu. Tahun 1999 mengikuti Lomba Karangan Filateli Tingkat Nasional Melalui Media Massa Cetak, yang diselenggarakan di Bandung oleh Pengurus Pusat Perkumpulan Filatelis Indonesia (PP PFI) dan PT Pos Indonesia. Di tahun yang sama pula, terpilih dalam 5 Nominator dalam Lomba Menulis Esai Keanekaragaman Hayati (KEHATI) tingkat perguruan tinggi se-Provinsi Bengkulu. Tahun 2001 pernah meraih Medali Bronze dalam penggarapan Script Collections berjudul Architecture Aspect For Mankind, di Denpasar, Bali. Pada Tahun 2004 meraih Medali Silver dengan judul garapan yang sama di Bandung, Jawa Barat.

    Artikel Kesehatan, cerpen dan puisinya yang pernah dibukukan adalah Kumpulan Testimonial Jilid II (Harmoni Dinamik Press-Jakarta, 2007), Kumpulan Cerpen Batu Akik Cempaka Merah (Penerbit Oksana-Sidoarjo, 2015) dan Kumpulan Puisi tunggal 1995- 2015 Persembahan di Hari Ulang Tahun (Penerbit Bebook-Purwokerto, 2015). Sakura Saitama adalah buku kumpulan puisi terbarunya di akhir tahun 2015 (Penerbit FAM Publishing-Kediri, Jawa Timur) .

    Selain menulis, ia juga sering juga menjadi pembicara dan instruktur dalam memenuhi undangan pelatihan jurnalistik/penulisan maupun motivasi, baik untuk kalangan pelajar, mahasiswa maupun organisasi kepemudaan lainnya. Juga tak jarang diminta untuk menjadi juri dalam lomba karya tulis maupun puisi.

    Saat ini bekerja sebagai Staf Sekretariat Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Provinsi Bengkulu. Beralamat di Jl. Siti Chadijah II NO. 01 RT. IV Pondok Besi Bengkulu 38117. Surat Elektronik (E-mail): kumbangbabega14@gmail.com.  Facebook (FB): Yovi Guantara Tanjung. (*)

    Ingin menerbitkan buku di FAM Publishing? Hubungi call centre 0812-5982-1511 atau email: aktifmenulis@gmail.com.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Yovi Guantara Tanjung: “Sejak 90-an Menggeluti Dunia Tulis-Menulis” Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top