• Info Terkini

    Thursday, February 4, 2016

    Maria Ulva: Sudah Menulis Puisi Sejak Bangku Sekolah Dasar

    Maria Ulfa
    Terlahir di desa, tepatnya di Dusun Krajan Barat  RT. 01/RW. 01 Desa Sidodadi, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, gadis ini akrab disapa Emyu. Ia lahir tanggal 25 Desember 1992 dengan nama lengkap Maria Ulva. Putri pasangan bapak Bonari dan ibu Umiati ini mencintai segala hal yang berbau seni, dari musik, teater, hingga kepenulisan.

    Menamatkan sekolah dasar di MI Hidayatul Mubtadi'in di desanya Sidodadi, kemudian ia melanjutkan ke lembaga yang sama, yakni Mts Hidayatul Mubtadi'in. Selepas itu, ia memilih MA Muhammadiyah 1 Watukebo, Jember untuk menikmati masa putih abu-abunya.

    Gadis berdarah Jawa campuran Jember-Ponorogo ini mulai menggeluti dunia puisi sejak SD dengan mengikuti beberapa lomba baca puisi, kemudian mulai belajar menulis langsung puisi setelah berada di bangku SMP dan aktif mengisi mading sekolah. Emyu juga mulai berani menulis cerpen, meskipun hanya dibacanya sendiri. Dia sempat belajar menulis naskah drama saat menjadi anggota resmi teater "Pintu Empat" di SMP-nya.

    Selama di MA, Emyu sempat menjuarai lomba karya ilmiah yang diadakan oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember serta berhasil menyabet juara pertama dengan karya tulisnya mengenai pemanfaatan limbah Kakao.

    Setelah selesai menempuh pendidikan SMA, Emyu sekarang sedang menyelesaikan kontrak kerja sebagai caregiver di Taipe serta sedang dalam pematangan pendirian rumah baca di kampungnya. Emyu memutuskan masuk menjadi anggota Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia Indonesia karena berharap di forum tersebut ia bisa belajar lebih banyak tentang dunia literasi yang diminatinya,serta bisa menjalin silaturahim antar penulis di seluruh Indonesia.

    Bagi FAMili yang ingin berkenalan dengan Emyu, silahkan hubungi di FB: Maria(emyu) atau Line: emyue25, Bbm:58b7a325. (*)

    Ingin menerbitkan buku di FAM Publishing? Hubungi call centre 0812-5982-1511 atau email: aktifmenulis@gmail.com.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Maria Ulva: Sudah Menulis Puisi Sejak Bangku Sekolah Dasar Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top