• Info Terkini

    Thursday, March 3, 2016

    FAM Indonesia Bangkitkan Semangat Literasi

    www.yudhaprima.com
    Oleh Yudha Prima

    FAM Indonesia yang merupakan singkatan dari Forum Aktif Menulis Indonesia adalah sebuah wadah dengan misi untuk menebarkan nilai-nilai Islam melalui sarana tulisan. Didirikan pada tanggal 2 Maret 2012 oleh Muhammad Subhan (sastrawan, penulis dari Padang) dan Aliya Nurlaela (penulis asal Malang), FAM Indonesia mendapat respon positif dari berbagai kalangan, termasuk para aktivis pendidikan. Ribuan anggotanya tersebar di berbagai penjuru Indonesia.

    Perkembangan wadah yang berpusat di Pare Kediri, dekat Kampung Inggris tersebut hingga 4 tahun ini sesungguhnya melebihi ekspektasi duo pendirinya. Berawal dari buku kumpulan cerpen “Fesbuk” yang mereka tulis, kemudian mereka membentuk forum diskusi dunia maya bernama Forum Aishiteru Menulis Indonesia. Gagasan pun berkembang. Hingga kemudian tumbuh semangat untuk menjadikan eksistensi forum tersebut tidak hanya di dunia maya. Namun, setelah mempertimbangkan saran dan kritik berbagai pihak, akhirnya disepakatilah untuk menanggalkan kata Aishiteru yang dianggap ke-Jepang-jepangan dan mengubahnya menjadi Aktif.

    Tentu ada tanggung jawab moral yang besar di balik nama Forum Aktif Menulis Indonesia. Di saat membaca dan menulis belum lagi menjadi budaya generasi muda Indonesia, FAM Indonesia dituntut harus bisa membumikan literasi dan menghidupkan kembali kecintaan terhadap menulis. Tidak bisa dinafikan, sejarah kemerdekaan Indonesia juga tidak bisa dilepaskan dari perjuangan para penulis.

    Melalui berbagai iven yang diselenggarakan di Pare, Kediri dan juga cabang-cabang di berbagai daerah, Forum Aktif Menulis Indonesia bertekad untuk bersinergi dengan berbagai pihak dalam membina generasi-generasi muda agar kelak mereka mampu menjadi bagian dari rekonstruksi peradaban melalui tulisan buah karya mereka.

    Kini, FAM Indonesia telah genap berusia 4 tahun perjalanan. Besar harapan para pecinta literasi agar wadah ini bisa terus menginspirasi dan membangkitkan semangat berliterasi untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang semakin cerdas dan beradab.

    Dirgahayu FAM Indonesia!

    Sumber: Yudhaprima.com

    Ingin menerbitkan buku di FAM Publishing? Hubungi call centre 0812-5982-1511 atau email: aktifmenulis@gmail.com.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: FAM Indonesia Bangkitkan Semangat Literasi Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top