• Info Terkini

    Friday, March 25, 2016

    Istiadat Hati

    Judul: Istiadat Hati
    Penulis: Sahari R.
    Kategori: Buku Novel
    Terbit: Maret 2016
    Tebal: Viii + 176 hlm ; 14 x 20 cm
    ISBN: 978-602-335-007-7
    Harga: Rp45.000,- (Harga belum termasuk Ongkir)

    Cinta sejati itu menyejukkan, bukan menyakitkan.

    Kalimat itu terpatri kuat dalam pikiran Hani selama ini. Namun, saat ia terseret dalam gelombang cinta, justru ia merasakan panas yang begitu membakar, perih, nyaris membuatnya kehilangan asa dalam kobaran api penuh tanya tanpa jawab.

    Semua sisa asa itu pun berangsur lenyap saat adat menuntut takdir untuk berkata lain, lain dari harapan.

    Bagaimana mungkin adat yang selama ini ia junjung tinggi bisa membuatnya
    gelisah? Apa yang salah? Bagaimana mungkin adat bisa bertahta lebih tinggi dari hukum mutlak alam, hukum dari Sang Pencipta Cinta? Bagaimana bisa dirinya menjadi sangat tidak berdaya? Di manakah letak keyakinannya selama ini, keyakinan akan kuasa Sang Pemilik Hati? Bagaimana ia bisa menghadapi semuanya?

    Tidak ada yang bersalah, tidak ada pula yang tersalah, apa lagi disalahkan.
    Simalakama, itulah yang ada.

    Dalam ketidakberdayaan itu, Tuhanlah sebaik-baik tempat mengadu dan berserah, tempat kembalinya segala perkara. Dan, ikhtiar adalah sebaik-baik jalan yang mesti ditempuh sebagai wujud secercah cahaya keyakinan yang masih terpatri dalam lubuk hati.

    “Sesungguhnya adat dan syarak sama-sama mengajarkan cinta. Keduanya tidak seharusnya saling menafikan. Bila di dalam adat tidak lagi ada cinta, bagaimana mungkin istiadat terasa menenteramkan? Bila dalam syarak, cinta adalah barang langka, bagaimana mungkin keimanan akan sampai kepada-Nya?”

    ***

    Dua kata, “Luar biasa!” Minangkabau tidak pernah kering melahirkan novelis.

    ~Muhammad Subhan, Ketua Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia, Penulis Novel “Rinai Kabut Singgalang” & novel “Rumah di Tengah Sawah”

    Novel ini berbagi pesan tentang hati yang punya istiadatnya sendiri. Melalui alur cerita nan apik, penulisnya mampu membukakan tabir yang selama ini menyelimuti pemikiran sempit sebagian kecil kaum beradat di Minangkabau. Di dalam “soul” novel ini, terselip pesan implisit bahwa di dalam adat ada cinta, dan tanpa cinta adat bukan apa-apa. Ini novel yang berani!

    ~Be Novika, Alumni Ketahanan Nasional UGM, pemerhati budaya dan pecinta tulisan dari Luhak Agam. Penulis “Marital Horizon Versi Minangkabau Kontemporer


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Istiadat Hati Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top