• Info Terkini

    Sunday, June 19, 2016

    Bergerak Sosialisasikan FAM Indonesia di Palembang


    PALEMBANG –  Di sela-sela kesibukan masing-masing anggota, FAM Cabang Palembang menggelar Kopdar ke-3 & buka puasa bersama di Taman Polda Sumatera Selatan, Sabtu (18/06).
    Acara dibuka oleh Ketua FAM Cabang Palembang, D.A.Akhyar, dengan memberikan motivasi menulis dan ajakan bergabung menjadi keluarga FAM Palembang, serta keluarga besar FAM Indonesia.

    Menurutnya, Menulis itu merangsang; merangsang sang penulis untuk terus menambah ilmu, membaca dan berpikir. Rangsangan dari kegiatan menulis sangatlah luar biasa, baik untuk membaca maupun untuk berpikir. Terlebih jika sudah kecanduan menulis, tentu akan berusaha mencari inspirasi.

    Di saat jumlah penulis yang sudah berkarya mengalami lonjakan, sayembara dibutuhkan karena dua hal. Pertama, ia akan merangsang para penulis—terutama yang muda atau yang masih berstatus “calon”—untuk terus menulis. Meski saat ini jumlah media untuk mensosialisasikan karya jauh meningkat dibanding dulu ketika sastra Indonesia baru tumbuh, tapi tak selamanya ruang sosialisasi tersebut memberi pilihan yang menguntungkan bagi penulis muda atau “calon penulis”.

    Di tengah “dilema” itulah sayembara menulis seharusnya ditempatkan. Ia menjadi ruang yang—meski terbatas—bisa memberi rangsangan yang besar pada orang untuk menulis. Selain merangsang untuk terus menulis, sayembara menulis juga memudahkan seorang penulis untuk tahu seberapa tinggi atau jauh “pencapaian” yang sudah ia buat. Seorang penulis yang baik adalah mereka yang bukan hanya terus menulis tapi juga terus berusaha melakukan estimasi atas “pencapaian estetika” yang berhasil digapainya. Ia adalah orang yang berusaha membandingkan apakah karyanya yang sekarang mengalami peningkatan estetik atau tidak.

    “Kita perlu mengadakan agenda atau sejenis project jangka dekat dengan mengadakan stimulus pada pihak lain; misal kita adakan sejenis kepenulisan bersama dengan anak-anak SMA di Palembang.” ujarnya.

    Pendapat tersebut diiyakan oleh ketua harian FAM Palembang dan peserta kopdar lainnya.

    “Kita bisa launching buku perdana anggota FAM Palembang bersama anak-anak SMA di Palembang,” usul Syhifa.

    Ketua FAM Cabang Palembang menyambut ide segar para anggotanya. Menurutnya, itu ide yang bagus, di mana nantinya bisa mensosialisasikan FAM di Kota Palembang, dengan target pertama anak SMA.

    Sementara, Pipit Sukirno, Koordinator Harian FAM Palembang membahas pentingnya kas harian dalam wadah FAM Cabang Palembang. Menurutnya, hal itu sangat berguna untuk kegiatan-kegiatan yang akan berlangsung, seperti; rihlah, bakti sosial, dll.

    Agenda pertama untuk kegiatan FAM Cabang Palembang adalah membuat sayembara menulis yang nantinya naskah terpilih akan dibukukan. []


    Laporan: D.A.Akhyar (IDFAM. 2075M)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bergerak Sosialisasikan FAM Indonesia di Palembang Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top