• Info Terkini

    Minggu, 18 September 2016

    Bussairi D.Nyak Diwa, Penulis Buku Cerpen "Senyum Terakhir Siti Sara" (Terbitan FAM Publishing)

    Drs. Bussairi kerap menggunakan nama pena Bussairi D. Nyak Diwa, Bussairi Endeatau B.S. Ende; kini menetap di Jalan Syaikhuna No. 1Kompleks Pesantren Darurrahmah, Kotafajar, Kecamatan Kluet UtaraKabupaten Aceh Selatan dan bekerja sebagai Guru Bahasa dan Sastra Indonesia pada SMA Negeri 2 Kluet Utara Aceh Selatan. Alumni Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unsyiah, 1992. 

    Pernah memimpin Gelanggang Mahasiswa Sastra Indonesia (Gemasastrin)FKIP Unsyiah sebagai Ketua Umum Periode 1988-1992, Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Senat Mahasiswa FKIP Unsyiah 1988-1990, Ketua Bidang Perguruan Tinggi dan Kemahasiswaan HMI Komisariat FKIP Unsyiah 1988-1992, dan pernah aktif di komunitas pers kampus sebagaiPemimpin Redaksi Majalah Mahasiswa FKIP Unsyiah Kalam, 1990-1992 dan Wakil Pemimpin Redaksi Surat Kabar Mahasiswa Unsyiah Monomen, 1991.

    Penghujung tahun 1992 pulang kampung ke Aceh Selatan, lalu menetap di Pesantren Darurrahmah Kotafajar dan mengajar sebagai guru honorer pada SMA Negeri 1 Kluet Utara selama kurang lebih empat tahun. Terhitung 1 Januari 1998 diangkat sebagai guru PNS pada SMP Negeri 1 Kuala Batee (Kabupaten Aceh Barat Daya sekarang). Awal tahun 2002 ditarik kembali ke SMA Negeri 1 Kluet Utara.  Bulan Agustus 2014 dimutasi ke SMA Negeri Unggul Darussalam Labuhanhaji Aceh Selatan. Kemudian atas permintaan sendiri, terhitung November 2015 dikembalikan ke kota asal, mengajar di SMA Negeri 2 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan.
      
    Tahun 2007 memperoleh penghargaan dari LIPI sebagai Guru Pelopor IPTEK karena berhasil membimbing siswa dalam Lomba IPTEK 2007 hingga memperoleh Peringkat 7 Nasional. Bulan November 2009 memenangi Lomba Menulis Cerita Pendek Tingkat Nasional bagi guru-guru Bahasa dan Sastra Indonesia se-Indonesia yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional dan diundang ke Jakarta sebagai Finalis. Cerpen dengan judul “Bulohseuma” terpilih sebagai salah satu Cerpen Terbaik Tingkat Nasional 2009 dan memperoleh Tropi dari Depdiknas. Tahun 2010, Kumpulan Puisi dengan judul “Ziarah Hati”, memperoleh Juara III Tingkat Nasional dalam Lomba MenulisNaskah Buku Pengayaan Tahun 2010 yang diselenggarakan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Jakarta. Untuk menerima hadiah diundang ke Jakarta bersamaan dengan peringatan Hari Buku Nasional yang disiarkan langsung oleh TVRI Pusat Jakarta 9 Juni 2010. Di tahun yang sama juga memperoleh penghargaan dari Dirjen Dikdasmen sebagai penulis essai Tingkat Nasional Guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK/MA dengan judul “Novel Perempuan Bersarung Sorban; Sebuah Atraksi Kesewenangan Kaum Lelaki”. Awal tahun 2011 Departemen Pendidikan Nasional kembali memberikan penghargaan Tingkat Nasional atasNaskah Kumpulan Puisi “Rumah Masa Depan”.  Di tahun yang sama memperoleh Juara II dalam pemilihan Guru Berprestasi se-Kabupaten Aceh Selatan. Atas prestasi-prestasi tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Selatan memberikan Penghargaan sebagai Guru Berprestasi Tingkat Nasional yang diserahkan langsung oleh Bupati Aceh Selatan pada peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2011 di Tapaktuan.


    Aktif menulis puisi, cerpen, dan esai sastra di beberapa koran lokal dan nasional. Di samping juga aktif mengikuti berbagai seminar dan pelatihan baik bersifat lokal, regional, nasional, maupun internasional.

    Lahir di sebuah desa kecil Kecamatan Bakongan Kabupaten Aceh Selatan pada 10 Juli 1965 dari orang tua H. Datok Nyak Diwa dan Hj. Siti ArdatPenulis adalah anak bungsu dari lima bersaudara, suami Sri Helma Rizqi, dan ayah dari; Al ‘Ashrawi Hidayatullah B.S.Siti Rahmatillah Maulida B.S.Siti Raihan Salsabila B.S.Al ‘Aqadi Muharrir B.S.Siti Rafniati Nurwasliah B.S., dan Al ‘Askari Safara B.S. 

    FAM INDONESIA
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Bussairi D.Nyak Diwa, Penulis Buku Cerpen "Senyum Terakhir Siti Sara" (Terbitan FAM Publishing) Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top