• Info Terkini

    Friday, October 28, 2016

    Edmund Percival Hillary Sang Penakluk Puncak Everest

    Edmund Percival Hillary menjadi terkenal, saat berhasil menaklukan Gunung Everest—puncak tertinggi pegunungan Himalaya. Ia menjadi orang pertama yang menaklukan gunung tersebut. Pendakiannya dibantu 150 pendaki profesional, 750 orang pendukung perbekalan dan seorang pemandu Sherpa, Tenzing Norgay.

    Edmund Hillary sebelumnya sudah menaklukan hampir seluruh puncak gunung yang ada di Selandia Baru. Namun, cita-cita utamanya adalah menaklukan puncak Everest. Cita-cita itu melekatkuat dalam dirinya, sampai terbawa mimpi. Berbagai cara dicoba, ia gagal dua kali dalam ekspedisi awal. Baru pada ekspedisi ketiga, dia berhasil.

    Ketika Edmund Hillary berhasil menginjakkan kaki di puncak Gunung Everest, para wartawan berebut tak sabar ingin mewawancarai. Mereka ingin mendengar kisah heroik Edmun Hillary menaklukan puncak gunung tersebut. Namun ada seorang wartawan yang justru berpikiran nyentrik. Dia malah mewawancarai si pemandu, Tenzing Norgay.

    “Bagaiamana perasaan Anda setelah berhasil menaklukan puncak tertinggi dunia?” tanya wartawan tersebut pada Norgay.

    “Saya sangat senang sekali,” jawab Norgay.

    “Anda kan seorang sherpa (pemandu) bagi Edmund Hillary, secara logika Anda berada di depan Edmund Hillary. Harusnya, Andalah yang menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di sana?” tanya si wartawan.

    “Harusnya seperti itu, namun pada saat langkah terakhir di pendakian ke puncak, saya berhenti. Saya memberi kesempatan pada dia untuk menapakkan kaki pertamakali di puncak gunung tertinggi dunia. Seperti yang kita lihat sekarang, Edmund berhasil menjadi orang pertama yang menaklukan puncak gunung itu,” jawab Norgay.

    “Mengapa Anda rela mengalah?” Wartawan itu heran.

    “Karena itu IMPIAN Edmund Hillary dan bukan impian saya. Impian saya adalah berhasil membantu dan mengantarkan Edmund meraih impiannya,” jawab Norgay, tanpa beban.

    Banyak orang, terkagum-kagum dengan jawaban Norgay.

    [Cerita ini dikutip dari kisah nyata Edmund Hillary, berbagai sumber/sudah  diringkas]

    Setiap orang memiliki impian. Satu dari sekian impian itu, pasti membutuhkan bantuan orang lain. Termasuk salah satunya, membantu mewujudkan mimpi orang lain. Sukses bekerjasama, tidak saling menjatuhkan.

    *)Aliya Nurlela, Penulis & Pegiat FAM Indonesia
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Edmund Percival Hillary Sang Penakluk Puncak Everest Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top