• Info Terkini

    Monday, December 19, 2016

    UKM F-Alipi, Universitas Trunojoyo Madura Gelar Seminar Menulis



    Kediri – Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Pertanian (UKM F-Alipi), Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur, menggelar Seminar Menulis Kreatif, Sabtu (17/12). Sebanyak 60-an mahasiswa dari berbagai fakultas, antusias mengikuti kegiatan tersebut.

    Sebagai narasumber tampil Aliya Nurlela (Sekjen Forum Aktif Menulis Indonesia) dan Muhammad Ij (penulis buku “Surat dari Timur Jawa). Acara dimulai pukul 08.30-13.00 WIB di aula RKB-B Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo.



    Pada kesempatan itu, Aliya Nurlela—yang bulan lalu terpilih sebagai Perempuan Inspiratif NOVA 2016 kategori Seni budaya--memberikan motivasi menulis kepada peserta. Menurutnya, siapa pun bisa jadi penulis, termasuk calon insinyur pertanian, dokter, guru atau lainnya. “Banyak kisah yang bisa dituliskan di sekitar kita, termasuk di lingkungan belajar dan bekerja,” kata Aliya Nurlela.

    Menurut Aliya, banyak sekali cerita-cerita yang bisa dipungut dari pengalaman, peristiwa sehari-hari, serta alam. Ide berserak itu bisa dijadikan tulisan yang inspiratif dan dikirim ke media massa atau diterbitkan menjadi buku.   



    Sementara itu Muhammad Ij, memberikan tips-tips menulis bagi pemula. Bagaimana menulis yang baik, menentukan genre dan penguasaan kosakata. Menurutnya, “Genre itu penting. Seorang penulis harus menentukan terlebih dulu, apa yang menjadi genre tulisannya.”

    Seluruh peserta yang hadir, antusias mendengar motivasi dan tips-tips menulis dari kedua pembicara. Hingga pada sesi tanya-jawab banyak yang bertanya tentang kiat-kiat menjadi penulis sukses.


    Ketua UKM  F-Alipi, Istigar Prana, menyebutkan, ia mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut dan ke depan pihaknya akan memprogramkan kegiatan menulis lainnya yang juga bermanfaat untuk mahasiswa.
    Selain memberikan motivasi menulis, pada kesempatan tersebut Tim FAM Indonesia juga memberikan hadiah doorprize berupa buku kepada peserta. [FAM]


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: UKM F-Alipi, Universitas Trunojoyo Madura Gelar Seminar Menulis Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top