• Info Terkini

    Tuesday, December 27, 2016

    Undangan Penerbitan Buku “Ensiklopedi Penulis Indonesia” Jilid 8

    Penerimaan naskah: 1 Januari 2017
    Deadline: 31 Januari 2017

    Salam aktif, Penulis Indonesia!
    Pertanyaan yang sering menjadi momok banyak penulis adalah, “sebenarnya untuk apa saya menulis?” Jawabannya tentu bermacam-macam. Ada yang bersungguh-sungguh, ada yang sekadar bermain, ada pula yang ikut-ikutan sehingga semangatnya naik-turun. Tetapi itu lumrah, dialami banyak orang, dan yang benar-benar mewujudkan dirinya sebagai penulis sungguhan adalah yang istiqamah di dunia kepenulisan. Dan, itu jumlahnya sangat sedikit.

    Nah, di posisi manakah Anda berada?
    Kami berharap, Anda adalah penulis yang “sungguhan”, atau setidaknya selalu berusaha keras mewujudkan impian Anda sebagai seorang penulis andalan Indonesia, bukan sekadar punya nama, tetapi juga menyebarkan manfaat lewat karya-karya yang Anda tulis.

    Sebuah program unggulan diluncurkan FAM Indonesia sejak tahun 2013, yaitu penerbitan buku ENSIKLOPEDI PENULIS INDONESIA yang berisi tentang RIWAYAT HIDUP, PROSES KREATIF DAN PERJALANAN KEPENULISAN mereka, yang dimulai sejak awal menulis plus dengan segala macam cerita ‘jatuh-bangunnya’ hingga menghasilkan karya sampai hari ini. Buku ini diterbitkan berseri: JILID 1, 2, 3, 4, 5, 6, (sudah terbit), 7 (proses terbit)... dst, ditulis oleh banyak penulis yang punya mimpi dan ingin membagi mimpi mereka kepada banyak orang. Saat ini, buku Jilid 8 sedang berlangsung proses seleksi.

    Buku ini akan menjadi “saksi sejarah” yang mencatat perjalanan karir kepenulisan Anda dan menjadi referensi banyak orang yang ingin mengenal sosok dan kiprah Anda di dunia kepenulisan. Buku ini juga dapat menjadi “paket hadiah” istimewa untuk orang-orang yang Anda cintai dan menjadi rujukan bagi penulis-penulis muda lainnya yang ingin mengetahui apa dan bagaimana Anda bersusah-payah mengejar impian menjadi penulis (pengarang).

    Syarat penulis yang layak masuk namanya di dalam buku ini adalah mereka yang sudah pernah menerbitkan minimal 1 (satu) buku, baik buku tunggal maupun buku bersama (Sebagai bukti telah menerbitkan buku penulis dianjurkan menyumbang minimal 1 buku karangannya untuk Perpustakaan FAM Indonesia [tidak wajib]—red). Sekurang-kurangnya sudah pernah mempublikasikan karya mereka di media massa secara berkala. Tidak ada syarat lain.

    Jika Anda berminat dan memenuhi persyaratan di atas, riwayat hidup dan proses kreatif Anda layak ditulis di dalam buku ini, jangan tunggu lama, karena program ini terbatas. Untuk buku JILID 8, FAM hanya memilih 35 penulis yang lebih dulu mengirim tulisan riwayat hidup dan proses kreatifnya. Bila jumlah penulis yang mendaftarkan dirinya di buku ini melebihi target, maka akan berlaku sistem antrian (tetap melalui tahapan seleksi), dicadangkan untuk buku JILID 9. Begitu seterusnya. Jadi, jangan tunggu deadline berakhir, segera daftarkan nama Anda dengan mengikuti ketentuan sbb:

    1. Pendaftaran ditandai dengan pengiriman tulisan Riwayat Hidup dan Proses Kreatif Kepenulisan.

    2. Naskah dikirim ke email: aishiterumenulis@gmail.com dan jika lolos seleksi (ditandai dengan update nama penulis di grup dan fanspage FAM Indonesia).

    3. Naskah ditulis berbentuk narasi (bercerita), dengan sudut pandang orang pertama atau ketiga, menjelaskan tentang riwayat hidup, mulai dari lahir, pendidikan, awal menulis, suka dan duka menulis, serta berbagai cerita lainnya seputar proses kreatif yang menggugah tentang diri penulis, serta sejumlah prestasi yang pernah diraih di dunia tulis-menulis.

    4. Naskah Profil ditulis di microsoft word 2003 atau 2007, ukuran kertas kuarto A4, jenis huruf Time News Roman, ukuran huruf 12.

    5. Panjang naskah maksimal 4-5 halaman, 1 spasi.

    6. Alamat domisili, email dan nomor telepon yang dapat dihubungi, serta foto diri penulis, dicantumkan terpisah dari naskah profil penulis.

    7. Anda boleh merekomendasikan teman-teman Anda untuk didaftarkan nama dan riwayat hidupnya di dalam buku ini, baik di buku ini atau pada jilid-jilid berikutnya.

    8. Naskah yang dikirim ke email FAM Indonesia akan menerima balasan dari admin.

    Nah, segera putuskan bahwa Riwayat Hidup dan Proses Kreatif Anda layak dibaca banyak orang. Di antara Anda pasti ada yang akan berkomentar, “Saya masih terlalu dini untuk menulis riwayat hidup”. Tentu pernyataan Anda tidak salah, tetapi siapa yang bisa menebak sampai kapan usia Anda akan tersedia bila tidak sedari dini ‘menikam jejak’ kepenulisan Anda? Walau mungkin Anda masih terlalu muda, tentu banyak orang ingin mengetahui bagaimana cara Anda mengarang, dan bagaimana Anda memulai karir kepengarangan Anda. Dan apa yang akan Anda ceritakan itu memiliki nilai yang mahal harganya.

    Jika Anda sudah istiqamah, segera hubungi FAM Indonesia dan daftarkan diri Anda. Mulailah menulis sejarah hidup Anda. Beberapa penulis sudah mengirim naskah riwayat hidup dan proses kreatif mereka di buku Jilid 8 ini, tinggal menunggu keputusan Anda bergabung atau tidak sama sekali.

    Salam aktif!
    FAM INDONESIA
    www.famindonesia.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Undangan Penerbitan Buku “Ensiklopedi Penulis Indonesia” Jilid 8 Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top