• Info Terkini

    Minggu, 29 Januari 2017

    Kopdar FAM Wilayah Surabaya: Strategi Pemasaran Buku


    Setiap tulisan memiliki rezekinya masing-masing, tetapi strategi pemasaran yang efektif akan membuat tulisan itu menemukan jatah rezekinya. Inilah benang merah dari obrolan pada Kopdar FAM Surabaya yang dihelat pada hari Ahad, 29 Januari 2017 di gazebo Unitomo Surabaya. Dihadiri oleh Yudha, Reffi, Hanum, Nanda, dan Handoko, diskusi berjalan sangat cair disertai tukar pikiran dan pengalaman menulis masing-masing.

    Seperti yang disampaikan Reffi Dhinar, ada beberapa strategi yang biasa digunakan penulis untuk menjual karyanya, terutama yang diterbitkan melalui jalur indie. Pertama, penulis dituntut aktif promosi karya melalui medsos seperti facebook dan instagram. “Tapi jangan terlalu menyolok. Gunakan saja strategisoft celling,” ujar Reffi. Kedua, aktiflah menyelenggarakan even promo, seperti bedah buku, giveaway berhadiah buku, atau lomba foto bersama buku karya si penulis. Ketiga, penulis bisa minta seorang teman untuk membuat resensi bukunya. Keempat, minta beberapa teman dekat untuk membaca karya si penulis lalu membuat testimoni atas tulisan itu. Strategi ini juga pernah dilakukan Andrea Hirata dalam mempromosikan novel Laskar Pelangi.

    Selain jitu dalam melakukan strategi pemasaran, penulis juga harus cermat dalam membidik pangsa pasar. Misal, membuat buku kumpulan cerita anak. Buku semacam ini akan laku jika dipromosikan ke kalangan pendongeg, ibu-ibu yang punya anak kecil, juga guru-guru PAUD dan TK.

    Setelah mempelajari strategi pemasaran karya tersebut, diharapkan tidak ada keraguan lagi dalam diri pecinta menulis untuk membuat karya-karya tunggal yang bermanfaat.

    FAM Surabaya juga mengajak seluruh pecinta literasi untuk ikut berpartisipasi dalam even parade 15 buku tunggal FAM Surabaya.  Parade karya tersebut digelar  dalam rangka memperingati Lustrum (5 Tahun) Pertama, Forum Aktif Menulis Indonesia Cabang Surabaya. Event ini menyelenggarakan parade 15 buku tunggal karya para penulis yang ada di Jawa Timur dan akan diluncurkan serentak di Surabaya, Insyaa Allah pada bulan September 2017.


    Laporan: Yudha Prima, Ketua Wilayah FAM Surabaya
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kopdar FAM Wilayah Surabaya: Strategi Pemasaran Buku Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top