• Info Terkini

    Sunday, January 15, 2017

    Wakil Rektor Unisba Blitar Bersama Puluhan Penulis FAM Gelorakan Nasionalisme Melalui Karya Sastra


    FAM -- Di tengah keterpurukan kondisi bangsa, nasionalisme sangat dibutuhkan untuk membangkitkan kembali bangsa ini. Nasionalisme diyakini sebagai syarat mutlak untuk membentuk sebuah negara yang mandiri. Faham kebangsaan ini menjadi tolak ukur kemajuan dan kemandirian bangsa Indonesia ke depan.
    Ada beragam cara untuk menggelorakan dan menanamkan jiwa nasionalisme, salah satunya adalah melalui karya sastra seperti yang dilakukan oleh Wakil Rektor I Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar, Dr.HM.Supriyono, M.Ed.
    Bersama puluhan penulis Indonesia yang tergabung dalam Forum Aktif Menulis (FAM), pria ramah ini telah menghasilkan 6 buku.
    “Buku terakhir yang saya tulis bersama 35 penulis FAM berjudul Kado Terindah Masa Sekolahku, selain untuk menanamkan jiwa nasionalisme, buku ini juga untuk menggelorakan kembali sastra Indonesia,” kata Supriyono kepada BLITARTIMES, Kamis (12/1/2017).
    Dijelaskannya, FAM adalah sebuah komunitas penulis dengan pusatnya di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. FAM memiliki anggota multi usia mulai anak-anak, remaja, dewasa hingga mereka yang sudah tua.
    “Ada penulis senior dan junior, di dalamnya ada siswa sekolah hingga dosen tapi memiliki kecintaan yang sama terhadap sastra Indonesia,” tukasnya.
    Supriyono menegaskan, FAM bertekad untuk melembutkan hati masyarakat melalui karya sastra serta menggerakkan masyarakat untuk cinta tanah air dan bangsa.
    “Nah di buku Kado Terindah Masa Sekolahku ini kami ingin mengajak masyarakat melihat harmoni kehidupan anak-anak sekolah terhadap kehidupan alam, kehidupan pola berpikirnya, jiwa serta perilakunya. Kami ingin mengajak pembaca melihat tumbuh kembangnya anak-anak dan bisa memperhatikan anak-anak mencintai alam dan menjadi pribadi yang baik,” tandasnya.
    Kado Terindah Masa Sekolahku merupakan karya terbaru dari Supriyono bersama dengan FAM. Buku ini terbit pada petengahan tahun 2016.
    5 buku lainnya merupakan kumpulan antologi puisi dan cerpen yang menggambarkan anak Indonesia dari desa sampai kota ingin melanglang buana ke negara lain untuk memperkenalkan Indonesia. Salah satunya adalah buku antologi cerpen berjudul di Negeri Itu Impianku Berlabuh.
    “Setiap penulis saat ini sedang mempersiapkan terbitnya satu buku tunggal. Saya sendiri tengah mempersiapkan launching buku sastra terbitan baru berjudul Dua Bidadari. Ini semua kita lakukan agar masyarakat bisa mencintai sastra Indonesia,” paparnya.
    Lebih jauh Supriyono menyampaikan, Unisba Blitar sebagai perguruan tinggi yang siap Go International dengan beragam prestasi dan penghargaan mendukung penuh upaya yang dilakukan FAM dan kemajuan sastra Indonesia. 
    sumber: http://m.blitartimes.com/baca/150399/20170113/113149/wakil-rektor-unisba-blitar-bersama-puluhan-penulis-fam-gelorakan-nasionalisme-melalui-karya-sastra/#
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wakil Rektor Unisba Blitar Bersama Puluhan Penulis FAM Gelorakan Nasionalisme Melalui Karya Sastra Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top