• Info Terkini

    Saturday, February 25, 2017

    Jagoan Cerpen (Tips menulis cerpen dengan mudah)

    Banyak yang bilang membuat cerpen itu sulit.Emang iya gitu? Jawabannya tentu salah besar. Membuat cerpen itu ternyata mudah banget. Lantas bagaimana cara membuat cerpen dengan mudah.Baiklah disini saya akan jabarkan bagaimana cara membuat cerpen dalam waktu singkat. Mari yuk disimak dengan baik-baik.

    Langkah pertama, kamu harus mempunyai bank ide. Bank ide adalah kumpulan dari inspirasi-inspirasi yang datang dari mana saja, kapan saja tanpa permisi. Karena tanpa permisi, so biasakanlah membawa catatan kecil (notes) dan bolpoint kemana saja kamu hendak pergi, lalu tuliskan ide yang kamu dapatkan.Bagi yang tidak terbiasa membawa catatan kecil, tenang saja di zaman yang serba canggih ini, kamu bisa menggunakan gadget atau smartphone yang ada aplikasi write note, tetapi saya lebih merekomendasikan membawa catatan kecil dan bolpoint. Jika kamu sudah mempunyai Bank ide, maka kamu akan lebih mudah mengambil ide-ide tersebut untuk dijadikan bahan membuat cerpen.

    Langkah kedua, kamu harus banyak membaca cerpen. Kenapa harus banyak membaca cerpen? Karena dengan memperbanyak membaca, kamu bisa lebih mempelajari tulisan seperti apa yang layak untuk dibaca, juga bisa meningkatkan reflek tulisan kamu. Langkah ketiga, kamu harus memperbanyak membaca non-fiksi.Kamu bisa mempelajari banyak hal, misalnya tentang arsitekstur rumah, cara wanita memakai make-up, jenis-jenis sepatu, jenis-jenis bunga, jenis-jenis kain, cara bicara orang berbagai daerah tertentu, dan sebagainya.Non-fiksi ini akan membantu kamu mendeskripsikansetting/background cerita dan aksesoris tokoh kamu.

    Setelah kamu menemukan ide apa yang akan kamu jadikan cerpen, langkah selanjutnya adalah membuat outline, supaya apa yang kamu tulis nantinya bisa terstruktur.Outline adalah kerangka cerita kamu, contohnya kamu harus menentukan berapa tokoh dalam cerita, permulaan, konflik, penyelesaian masalah dan akhir cerita.

    Setelah kamu menentukan tokoh dalam cerita, kenali juga karakter demi karakter tokoh tersebut agar ceritamu lebih berwarna.Kamu juga harus membuat plot/alur ceritamu yang memanjakan pembaca. Membuat plot adalah bagian terberat, karena membuat plot sama saja seperti membuat pondasi suatu rumah.Lewat pondasi ini, kita bisa tahu ukuran ruangan, rumah kita bertingkat atau tidak, kita juga bisa mengetahui tembok rumah tersebut cepat lembab atau tidak. Nah untuk memulai cerita perhatikanlah awal permulaan ceritamu karena bagian ini sangat penting. Pastinya kamu pernah mendengar, ‘’kalimat pertama akan mengambil perhatian  pembaca’’. Pada bagian ini kamu harus melakukannya dengan serius,  awal yang bagus akan menarik minat pembaca untuk memutuskan suka  atau meneruskan membaca cerita kita.Langkah selanjutnya, ciptakan konflik semenarik mungkin dan logis, serta bisa mencuri perhatian pembaca.

    Konflik telah tercipta, sekarang kamu harus merancang bagian akhir, entah itu happy ending atau sad ending. Bagian akhir cerita ini harus memuat penyelesaian masalah atau konflik yang kamu ciptakan, usahakan juga akhir cerita harus melogiskan cerita yang kamu buat. Selain langkah-langkah tersebut, kamu harus membiasakan untuk menulis. Ada pepatah yang mengatakan biasa karena terbiasa begitu pun halnya dalam menulis cerpen.

    Demikianlah tips menulis yang bisa saya jabarkan, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Salam literasi dan semangat untuk terus menulis.



    [Eka Puspitasari, lahir di Bogor, 15 November 1996. Hobi menulis dan membaca. Karyanya sudah terbit dalam buku antologi bersama. Penulis bisa dihubungi via facebook Eka Al-Badr Puspitasari atau e-mailpuspitasarieka60@gmail.com] 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jagoan Cerpen (Tips menulis cerpen dengan mudah) Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top