• Info Terkini

    Wednesday, March 15, 2017

    Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kediri Gelar Workshop Kepenulisan Muda


     Kediri  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kediri menggelar Workshop Kepenulisan Muda, Senin dan Selasa (13-14/3) di Perpustakaan Daerah Mastrip Pare. Kegiatan ini diikuti tiga puluhan guru, siswa dan kalangan umum dari daerah tersebut. 

    Kepala Bidang Kearsipan Kabupaten Kediri, Drs Sunaryo Msi—yang mewakili kepala dinas, mengatakan Workshop ini diselenggarakan untuk mengajak pelajar, mahasiswa, guru dan kalangan umum mencintai baca-tulis dan membudayakan semangat literasi di kalangan generasi muda. 


    Pada kesempatan itu, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kediri menggandeng wadah kepenulisan nasional Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia untuk menjadi instruktur dalam workshop yang berlangsung selama dua hari tersebut. FAM Indonesia dinilai sangat tepat untuk bersama-sama menggiatkan literasi di Kabupaten Kediri—selain FAM Indonesia berkantor pusat di Pare—FAM juga dikenal aktif menggiatkan literasi di berbagai daerah melalui cabang-cabang yang sudah terbentuk, serta melahirkan penulis-penulis baru yang aktif menulis. 

    Tampil sebagai instruktur, Aliya Nurlela (Penulis, Perempuan Inspiratif NOVA 2016 dan Pegiat FAM Indonesia), Eko Prasetyo (Penulis, Jurnalis, Akademisi) dan Mohammad Ij (Penulis dan Jurnalis). Acara dipandu oleh moderator, Victor Yuditara, ST. MM yang sekaligus Kepala Seksi Akuisisi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kediri. 

    Ketiga narasumber berbagi ilmu kepenulisan, sesuai bidang yang digeluti. Aliya Nurlela, memberikan motivasi serta tips-tips menulis untuk pemula—khususnya menulis cerpen dan novel. Eko Prasetyo, menyampaikan materi jurnalistik dasar, tekhnik fotografi, sekaligus menantang para peserta untuk pratik menulis langsung. Sementara Mohammad Ij, memberikan materi seputar jurnalistik dasar bagi pemula dan tips menulis buku nonfiksi. 


    Peserta yang dibatasi 30 orang, sangat antusias mengikuti acara ini. Hal itu terlihat dari banyaknya pertanyaan dalam sesi tanya-jawab, hingga moderator harus membatasi jumlah penanya. Termasuk bertambahnya jumlah peserta di hari ke-2 workshop tersebut. 

    “Materi yang disampaikan dalam acara ini sangat bermanfaat, terutama bagi saya selaku guru Bahasa Indonesia. Semoga acara serupa bisa diadakan di lain waktu,” ujar Yeni, yang menjadi perwakilan dari MAN 4 Kediri.
    Peserta lainnya Kurnia Martlina mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini, karena dapat mengambil manfaat serta inspirasi dari materi-materi yang disampaikan. 

    “Perpustakaan sebagai pihak penyelanggara kegiatan, akan berusaha merutinkan acara seperti ini agar semangat literasi di kalangan generasi muda—khususnya generasi muda Kediri—bisa tumbuh dan berkembang,” kata Victor Yuditara. 

    Menjelang penutupan acara, pihak penyelenggara memberikan doorprize kepada empat orang penanya. Semua peserta yang mengikuti acara ini, mendapatkan piagam penghargaan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kediri. (rel)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kediri Gelar Workshop Kepenulisan Muda Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top