• Info Terkini

    Rabu, 08 Maret 2017

    FAM Indonesia Rayakan Ulang Tahun ke-5


    Pare, Kediri – Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia merayakan ulang tahun ke-5, Kamis (2/3), di kantor pusat FAM Indonesia, Pare, Kediri, Jawa Timur. Memasuki tahun ke-6, FAM Indonesia bertekad membumikan literasi di hati anak negeri.

    Ada yang berbeda dalam perayaan milad tahun ini, tidak ditandai pemotongan tumpeng atau workshop menulis—seperti tradisi tahun-tahun sebelumnya. Menurut Aliya Nurlela, Sekjen FAM Indonesia “Tahun ini seluruh cabang di berbagai kota, dipersilakan untuk membuat perayaan atau tasyakuran di tempat masing-masing.” Sementara itu, tasyakuran milad di Kantor FAM dibatasi hanya untuk 20 peserta dari berbagai kalangan yang sengaja diundang.


    Pada kesempatan tersebut, diumumkan agenda acara rangkaian dari ulang tahun ke-5 FAM yaitu Gebyar Launching Massal 60 buku dan Lomba Baca Puisi Tingkat SLTP/sederajat se-Kabupaten Kediri. Acara akan berlangsung tanggal 25 Maret 2017 di Perpustakaan Daerah Mastrip Pare. Rencananya acara tersebut akan dimeriahkan dengan bazaar buku dan talkshow kepenulisan.

    Sekjen FAM Indonesia Aliya Nurlela menyebutkan, di usia 5 tahun FAM Indonesia telah melalui proses panjang di dunia literasi, meski banyak yang harus dibenahi. Sejumlah cabang FAM di kota-kota besar di Indonesia telah terbentuk, dan anggota didominasi kalangan pelajar dan mahasiswa.


    Sementara itu menurut Koordinator FAM Jawa Barat Dedi Saeful Anwar, “Di usia yang terbilang masih belia ini, FAM Indonesia telah banyak berkiprah dalam memajukan dunia literasi terutama di kalangan pelajar, remaja dan para penulis pemula. Hal ini ditunjukkan  FAM Indonesia dengan tetap menggelorakan semangat membaca dan menulis melalui berbagai kegiatan pelatihan menulis, kopdar, diskusi, bedah buku, dll. Mulai dari pusat hingga ke daerah-daerah lain di seluruh Indonesia yang bekerjasama dengan berbagai FAM perwakilan wilayah dan cabang yang terorganisir dengan baik. Selain itu FAM Indonesia juga telah menerbitkan ratusan buku, baik fiksi maupun non fiksi melalui Divisi Penerbitan-FAM Publishing. Semoga FAM istiqomah dalam jalur dakwah bil qolam. Selamat Milad ke-5.”

    “FAM Indonesia telah memberikan ruh semangat bagi saya pribadi dan generasi muda, serta masyarakat umumnya dalam dunia literasi. Sehingga lahirnya penulis-penulis baru dari berbagai latar belakang pendidikan, profesi maupun usia. Semakin pesatnya perkembangan teknologi, jangan sampai dunia literasi ditelan bumi. Harus ada dan terus sampai akhir zaman. Semangat terus FAM Indonesia,” ujar Muhammad Suharto, selaku Koordinator FAM Depok.


    “Di usia yang ke-5 ini semoga FAM semakin sukses. Sebagai Koordinator FAM Luwu Raya banyak pengalaman di dunia kepenulisan, sejak bergabung dengan FAM. Termasuk di dunia penerbitan. FAM bukan hanya sebagai pengembang di bidang kepenulisan, namun juga mewadahi karya—baik yang terbilang pemula maupun senior. Saya sudah menerbitkan banyak buku melalui FAM Publishing. Semoga FAM makin berkembang dan menyentuh hingga ke daerah di pelosok negeri,” ujar Alvin Shul Vatrick, Koordinator FAM Luwu Raya

    Sementara Ketum FAM Indonesia, Muhammad Subhan, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengurus dan anggota FAM Indonesia, baik di dalam maupun luar negeri yang telah ikut membesarkan komunitas ini.


    “Tanpa keaktifan seluruh anggota FAM Indonesia, komunitas ini tidak pernah ada. Mari terus berkarya,” ujar Muhammad Subhan yang juga seorang novelis. (FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: FAM Indonesia Rayakan Ulang Tahun ke-5 Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top