• Info Terkini

    Minggu, 02 April 2017

    Kopdar FAM Cabang Palembang: Agendakan Piknik Menulis


    Dewasa ini, media sosial seperti Instagram tengah ramai oleh postingan-postingan kekinian yang disertai caption hits ala anak-anak muda. Dalam rangka menyambut Asian Games 2018 mendatang, tak henti-hentinya mereka mengeksplor kekayaan alam bumi Sriwijaya, utamanya spot menarik yang nantinya ditargetkan mampu menyedot perhatian Asia bahkan dunia. Tak jarang mereka menyertakan kalimat-kalimat hasil copy paste dari orang lain sebagai captionnya.

    Memperingati 1 tahun Forum Aktif Menulis (FAM) Cabang Palembang, pada kopi darat (kopdar) kali ini yakni Kamis (30/03/2017), FAM Palembang berinisiatif untuk mengajak anak muda Palembang aktif dalam dunia literasi melalui “Piknik Menulis”. Piknik Menulis sendiri dijadwalkan akan berlangsung pada 29 April 2017 mendatang, di Benteng Kuto Besak (BKB) Area. Sebab menurut M Irfan Erik(18) yang diamanahkan sebagai ketua panitia, menulis itu sangat penting dan berguna sampai kapan pun.


    “Memang tidak semua orang gemar menulis, tetapi seiring tuntutan dan perkembangan zaman, menulis itu sangat dibutuhkan. Contohnya saja di era digital seperti saat ini” ujar mahasiswa Universitas Sriwijaya yang kerap menjuarai olimpiade essay tingkat nasional itu di sela-sela kopi darat FAM Cabang Palembang. “Kalau memang anak-anak muda itu merasa berat jika harus menulis essay, puisi atau memainkan imajinasi dalam sebuah cerpen atau novel lalu membukukannya, minimal menulis bisa dimulai dari hal yang sangat dekat dengan kesehariannya seperti di media sosial” imbuh Erik, sapaan akrab salah satu FAMili Palembang itu.

    Ide Piknik Menulis itu sendiri sudah menjadi program kerja FAM Cabang Palembang sejak semula dibentuk, tepat pada hari buku nasional 23 April 2016 lalu. Namun kesulitan mencocokkan waktu karena jarak dan kesibukan masing-masing FAMili--sebutan bagi anggota FAM, kopdar khusus sembari piknik itu belum juga terealisasi. Pipit Elfitri (24) -- ketua pelaksana harian FAM Cabang Palembang--menuturkan bulan April dirasa amat tepat untuk menyelenggarakan event kopdar ini, selain bertepatan dengan hari lahir FAM Cabang Palembang dan memperingati hari buku sedunia pada 23 April 2017, pihaknya juga sepakat untuk kembali mengaktifkan FAM Cabang Palembang.

    “Palembang adalah kota budaya, beragam peninggalan sejarah kejayaan Sriwijaya ada di dalamnya. Dari budaya dan sejarah itu kita bisa kembali mengupasnya lewat sebuah karya atau tulisan, yang akan sangat berguna bagi anak-cucu ke depan. Untuk itu FAM Cabang Palembang melalui Piknik Menulis, ingin membangkitkan kembali gairah menulis anak muda kota Pempek tersebut, dengan konsep yang lebih menarik dan disukai anak muda. Salah satunya yakni memanfaatkan kegemaran photo atau selfie anak muda, dengan background Heritage di sekitar Benteng Kuto Besak Palembang” papar jurnalis muda Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan ini.


    Kegiatan FAMili Palembang memang tidak bisa dijauhkan dari upaya turut mendukung serta mensukseskan Asian Games 2018, sebab sebelumnya melalui gagasan yang dikemukakan oleh ketua koordinator FAM Cabang Palembang, DA Akhyar juga pernah menggelar event menulis buku antologi yang mengusung tentang eksotisme pariwisata Sumatera Selatan. April 2017 ini, selama satu bulan penuh FAMili Palembang akan lebih aktif menggelar kopdar-kopdar setiap minggunya guna mematangkan konsep acara yang dihelat sederhana dan namun penuh kesan.

    Bagi anak muda kota Palembang yang berminat ikut serta dalam agenda ini, dapat menghubungi panitia di instagram @fam_palembang atau Whatsapp 0823 7303 9465. Peserta bisa tanya jawab langsung seputar pengalaman menulis bersama narasumber, yakni jurnalis senior dan penulis dari FAM Indonesia. Tidak perlu repot membawa laptop atau notebook, peserta bisa memanfaatkan ponsel pintarnya untuk mengikuti kontes-kontes yang diselenggarakan oleh FAM Cabang Palembang, seperti kontes photo atau selfie dan kontes menulis di caption photo tersebut. Peserta terpilih yang hasil photonya disertai caption terbaik, akan mendapatkan hadiah menarik dari FAM Cabang Palembang.


    Laporan Pipit Elfitri, Ketua Harian Pelaksana (ID FAM4062U).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kopdar FAM Cabang Palembang: Agendakan Piknik Menulis Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top