• Info Terkini

    Friday, June 16, 2017

    Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia, Aktif Gelar Event Kepenulisan di Bulan Ramadan


    Kediri-Geliat literasi Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia semakin semarak. Bulan Ramadan dijadikan langkah awal, kembali digelarnya event-event bergengsi. Baik berupa pembukuan karya, lomba cipta puisi, lomba cipta cerpen, maupun lomba menulis kata mutiara bertema Ramadan dan Idul Fitri.

    “Saya mengamati dalam lima tahun belakangan ini, minat menulis di Bulan Ramadan meningkat dibanding bulan lainnya. Hal itu terlihat dari antusias para penulis mengikuti event-event kepenulisan. Termasuk dari naskah buku yang masuk ke meja penerbit, jumlahnya lebih banyak,” ujar Aliya Nurlela, Novelis sekaligus Pegiat FAM Indonesia. Hal itu pula yang mendorong FAM Indonesia, menggelar berbagai event kepenulisan dalam rangka memacu semangat menulis di bulan penuh rahmat ini.

    Event-event yang digelar FAM di Bulan Ramadan, lebih fokus kepada event kepenulisan yang bersifat online. Artinya, penulis diharuskan mengirimkan karyanya via email atau media online lainnya. Sedangkan acara lain yang diluar online, lebih difokuskan kepada diskusi dan buka puasa bersama. Seperti, FAM Cabang Palembang yang menggelar diskusi & buka bersama para tokoh Palembang. Dari pertemuan tersebut, FAM Palembang menghasilkan beberapa agenda kepenulisan yang akan disinergikan dengan berbagai komunitas kepenulisan di daerah tersebut.

    Sementara itu di Kediri, FAM Indonesia mengadakan diskusi terbatas yang dikhususkan bagi para pengurus harian FAM. Aliya Nurlela selaku pengisi diskusi, memberikan beberapa arahan yang bersifat motivasi. Sekaligus melemparkan pancingan kepada para pengurus untuk memantik ide kreatif.



    “Saya optimis, geliat literasi semakin semarak jika para pegiat literasi itu sendiri melahirkan karya. Ide-ide kreatif untuk perkembangan semangat menulis juga sangat perlu, sebab event kepenulisan yang digelar harus variatif. Agar para penulis semangat dan tertantang untuk berpartisipasi,” ujar Aliya Nurlela yang bulan ini melahirkan buku cerpen terbarunya, “Sebait Pesan Sebelum Hujan.”

    Namun demikian—menurut Aliya Nurlela pula, ia tidak mengharuskan para pengurus harian FAM menjadi penulis. FAM lebih cenderung memberikan dorongan untuk berkarya, serta menularkan semangat cinta menulis dan membaca pada orang-orang terdekat. Terbukti, beberapa pengurus tertular semangat menulis itu. Sebagian darinya, sudah melahirkan karya yang tergabung dalam buku antologi.



    Pada kesempatan diskusi dan buka puasa bersama itu (15/6), Aliya mengucapkan terima kasih kepada beberapa cabang FAM di daerah—terutama yang aktif berkegiatan.


    “Saya sangat berterimakasih kepada teman-teman penulis di FAM Wilayah Surabaya, FAM Cabang Palembang, FAM Galuh Ciamis, FAM Cabang Sorong, FAM Cabang Luwu, dll yang aktif berkoordinasi serta menggelar pertemuan. Sekaligus apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pegiat literasi tersebut, yang tak lelah menjaga dan menggaungkan literasi di daerah masing-masing,” pungkasnya. [FAM]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia, Aktif Gelar Event Kepenulisan di Bulan Ramadan Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top