• Info Terkini

    Tuesday, September 19, 2017

    Darwan Chania Ditarora, Penulis Buku Puisi "Ratapan Anak Negeri"


    Ditarora’, nama pena ini dalam bahasa ibunya berarti ini kita saja.  Penulis  lahir di dusun Jantuk tanggal 9 September 1979. Selain mempunyai hoby membaca ia penyuka olahraga khususnya sepakbola. Pernah aktif di dunia bela diri Karate. 

    Aktif menulis di sosial media  Facebook, Line dan Blog. Aktif mengirimkan tulisan di koran lokal yakni Harian Lombok Post maupun Harian Radar Madalika. Tulisan yang dimuat di koran lokal tersebut antara lain: Pendidikan Karakter Dalam Islam, Demokrasi Kita Di antara Persimpangan Harapan Dan Kenyataan, Luka Di Atas Luka Sepakbola Nasional, Rindu Sosok Bento Dan Perahu Retak, Menakar Potensi Wisata Relegi di Pulau Seribu Masjid,dan Mimpi Tak Sempurna Timnas Garuda Muda.

    Selain itu, ia juga aktif mengikuti event kepenulisan nasional  yang diadakan oleh beberapa penerbit Indie dan Major. Naskahnya yang dibukukan antara lain: Yang Membuka Pintu Surga (Antologi Puisi “Ibu Dalam Balutan Rindu”), Menghempas Karang (Antologi Puisi “ Aku dan Laut), Setangkai Padi Yang Menunduk (Antologi Puisi bertema “sawah”), Dua Sayap (Antologi Puisi Akrostik “Nama Lengkap Ayah dan Ibu”), dan Kado Terindah Masa Sekolah (Antologi Cerpen). 

    Riwayat pendidikannya, mengenyam pendidikan di SDN 1 Mantang, MTs Darussalimin NW Sengkol-Mantang, SMAN 1 Batukliang,  Diploma II di Universitas NW Mataram Jurusan PGSD/MI, sarjana diraih di Universitas Muhammadiyah Mataram jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra dan Seni. 

    Sejak  Sekolah Dasar ia suka menulis. Mata pelajaran kesukaannya adalah pelajaran Bahasa Indonesia khususnya mengarang. Karena motivasi dan lingkungan yang tidak mendukung di MTs, kemampuan menulisnya tidak berkembang. Saat memasuki SMA kemampuan menulisnya mulai terasah. Ia menuliskan karyanya, khususnya puisi  dalam sebuah Diary. Di penghujung tahun 2015, melalui jejaring sosial facebook Ia berkenalan dengan penulis muda NTB bernama Lia Harnita. Melalui tulisannya ia banyak belajar tentang dunia tulis menulis khususnya sastra. Perkenalan dengannya merupakan awal kebangkitannya menulis puisi, cerpen, dan novel.  Pada bulan yang sama, tepatnya bulan November 2015 bergabung dengan wadah kepenulisan nusantara yang bernama Forum Aktif Menulis (FAM) yang berpusat di Pare Kediri Jawa Timur. Saat ini sedang menyusun novel ‘Sinar Terang di Langit Madrasah “ dan “Shafiyah”. 

    Kesehariannya Ia menjadi tenaga pendidik di MI NW Jantuk Desa Mantang Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah. [FAM]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Darwan Chania Ditarora, Penulis Buku Puisi "Ratapan Anak Negeri" Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top