• Info Terkini

    Monday, September 25, 2017

    FAM Indonesia Bawa Angin Segar untuk Dunia Dongeng


    Kediri (FAMNews)--Setelah sukses dengan pembukuan antologi menulis dongeng pada Juli 2015 dan Mei 2016 lalu, Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia kini kembali menggelar lomba dongeng yang telah dibuka secara online, sejak 1 September 2017 dan akan ditutup pada 5 Oktober 2017 mendatang. Diakui Aliya Nurlaela,  Sekjen FAM Indonesia, lomba dongeng ini sendiri merupakan event pertama yang diadakan oleh FAM Indonesia. Meski di dua tahun terakhir telah dibukukan antologi menulis dongeng dengan judul "Cerita dari Waktu ke Waktu" (2015) dan "Sangkar Kertas" (2016).

    Minat anak-anak terhadap dongeng yang tidak diimbangi dengan terbitnya buku-buku kumpulan dogeng yang 'segar' baik dari ide maupun jalan cerita, menjadi alasan utama FAM Indonesia untuk menggagas ide ini. Tentunya hal ini dapat menjadi 'angin segar bagi dunia dongeng'. Menurut pihaknya, buku-buku dongeng yang banyak beredar saat ini dominan cetakan ulang dari karya-karya lama. Sangat disayangkan bukan? Indonesia dengan banyaknya Sumber daya manusia yang menaruh perhatian khusus pada kepenulisan terutama dongeng, terjebak pada cerita-cerita lama yang menyumbat kreativitas untuk mengembangkan pikiran.

    Melalui event Lomba Menulis Dongeng kali ini, FAM Indonesia mengajak peminat literasi untuk berpartisipasi dan membuka kembali ruang imajinasi dengan mengirimkan naskah 'segar' bertema bebas. Dongeng yang ditulis bisa berupa Mite yakni cerita hal-hal gaib, seperti dewa, peri, dan sebagainya. Penulis juga dapat mengirimkan dongeng yang berupa Sage atau cerita kepahlawanan, keperkasaan, kesaktian. Kemudian Fabel yakni cerita binatang, Legenda (cerita peristiwa/asal-usul tempat atau benda), Cerita Jenaka (cerita yang menghibur), Cerita Pelipur Lara, Cerita Perumpamaan ataupun Cerita Kedaerahan. 

    Meski demikian, apa pun jenis dongeng  yang  ditulis, FAM Indonesia berharap tulisan tersebut mengandung pesan moral yang baik untuk perkembangan anak-anak, karena anak-anak Indonesia jugalah nanti yang akan mengkonsumsinya.

    Untuk diketahui, Peserta Lomba Menulis Dongeng ini terbuka bagi umum dan gratis, tanpa dibatasi usia baik di Indonesia maupun luar negeri. FAM hanya menerima maksimal 2 (dua) naskah dongeng yang terdiri maksimal 4 (empat) halaman dengan 1 (satu) spasi, diketik di microsoft word 2003/2007 dengan font Times New Roman ukuran 12, dan jarak 1 spasi yang merupakan naskah original--belum pernah terbit di media mana pun, dilengkapi dengan biodata narasi yang terdiri dari foto diri, alamat email, dan nomor kontak yang dapat dihubungi.

    Naskah dikirim melalui email lombafamindonesia@gmail.com dengan subjek email: Lomba Dongeng_Nama Penulis. Untuk pengumuman pemenang tanggal 15 Oktober 2017. [TIM FAM]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: FAM Indonesia Bawa Angin Segar untuk Dunia Dongeng Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top