• Info Terkini

    Wednesday, September 27, 2017

    Temu Pemustaka, Tingkatkan Minat Baca Masyarakat


    FAMNEWS, Kediri - Guna meningkatkan budaya dan minat baca masyarakat serta memperingati bulan kunjungan perpustakaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten Kediri menggelar temu Pemustaka yang bertempat di Pendopo Ex Korcam Pare, Kediri-Jawa Timur, Rabu (27/09).

    Hadir dalam acara tersebut Dr Ir Moch Saleh Udin, M.M selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakan Kabupaten Kediri sebagai pemateri, didampingi dua pemateri lainnya, Drs Sunaryo, M. Pd dan RM Hendro, S.E, M.M.

    Dalam kesempatan tersebut, ketiga pemateri menyampaikan beberapa hal terkait upaya meningkatkan minat baca masyarakat, diantaranya melalui peningkatan kualitas layanan perpustakaan Mastrip, dan pengelolaan perpustakaan di era modern dengan mengaplikasikan sistem informasi teknologi atau perpustakaan digital, serta Online Public Acscess Catalog (OPAC) yang diharapkan dapat menarik antusiasme masyarakat di lingkungan Perpustakaan Mastrip.


    Selain itu, dalam acara yang dimoderatori oleh Agus Santoso tersebut, pemateri juga menggugah peserta yang hadir dengan menunjukkan perbandingan minat baca buku-buku di Indonesia dengan negara lain. Terbukti, Indonesia masih sangat jauh tertinggal yakni berada diperingkat ke 60 dari 61 negara. Lebih lanjut, melihat kondisi memprihatinkan itu Dr Ir Moch Saleh Udin menjelaskan bahwa perpustakaan sebagai sarana pusat belajar dan informasi. Dari sana diharapkan agar masyarakat dapat lebih meningkatkan budaya membaca di Perpustakaan Mastrip.

    Acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB dan berakhir pada 12.30 WIB itu dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari pemustaka sekolah dan umum se-kabupaten Kediri, diantaranya hadir dua orang perwakilan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia.


    Salah satu peserta, Andreas menyampaikan aspirasinya agar pihak perpustakaan dapat menambah fasilitas OPAC pada mobil pintar supaya lebih efektif dan efisien. Sementara itu, Dewi rohmawati berharap adanya penambahan koleksi buku di Perpustakaan Mastrip setiap bulan.

    Hal ini senada dengan yang disampaikan salah satu peserta, Imron menuturkan bahwa untuk kemajuan perpustakaan dan minat baca masyarakat, memang diperlukan kelengkapan koleksi buku dan selalu memperbaharui koleksi buku yang belum tersedia di perpustakaan lain. [TIM FAM]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Temu Pemustaka, Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top