• Info Terkini

    Monday, September 4, 2017

    Tips Menulis untuk Pemula: Menulis Setiap Hari


    By: Najla Al-Faiq

    Menjadi seorang penulis memang gampang-gampang susah, tapi jika memang sudah hobi, menulis tidak lagi sulit untuk dilakukan. Namun meski begitu, terkadang ada kendala tersendiri dalam kegiatan menulis. Entah menulis apa pun itu, kalau ide tidak muncul apakah bisa tulisan itu menjadi tulisan yang sebenarnya?

    Sesungguhnya ide itu bukannya ‘tidak ada’, ide itu bisa didapat di mana saja akan tetapi kemunculannya sangat cepat seperti halnya menghilangnya. Detik ini kita punya ide yang keren, tapi 10 menit kemudian, ide itu bisa saja sudah menguap, hilang tak berbekas.

    Tidak sulit cara mengantisipasi supaya ide tersebut tidak hilang. Kita hanya perlu segera menuliskannya detik itu juga, sehingga ide itu tidak akan terbuang sia-sia. Yang dalam arti lain, kita harus mau menulis setiap hari agar ide-ide di kepala tetap lestari hingga menghasilkan suatu karya yang luar biasa.

    Memang benar, menulis itu bukanlah hal pokok yang bisa dilakukan setiap hari karena tidak selalu karya yang berhasil diciptakan itu akan menghasilkan uang. Akan tetapi, jika memang kita ingin menjadi seorang penulis yang handal dan professional, menulis setiap hari itu memang penting hukumnya. Ide bisa kita tuang kapan pun di buku catatan, tapi untuk mewujudkannya menjadi sebuah karya haruslah kita menyisihkan setidaknya 1 jam setiap harinya untuk meramu ide tersebut.

    Menulis merupakan kegiatan praktikal, sehingga penting halnya jika kita melakukannya secara rutin. Sama halnya seperti menggambar, menari, melukis, bermain musik, seminggu saja tidak melakukan kegiatan tersebut, maka tubuh kita harus beradaptasi kembali dengan kegiatan itu. Bukannya berkembang, kita justru akan menghabiskan semakin banyak waktu karena harus mengulangi semuanya dari awal.

    Tidak mau hal itu terjadi bukan? Untuk itulah, sebisa mungkin luangkan waktu dalam sehari untuk menulis. Bahkan dalam kondisi hati yang berantakan pun, sejelek-jeleknya tulisan itu, akan tetap berguna bagi kita nantinya.

    Intinya, menulislah setiap hari dan jangan pernah patah semangat! 

    *)Najla Al-Faiq, Penulis novel “Sepasang Mata Biru Jihyun.” Beberapa karyanya tergabung dalam buku antologi bersama penulis lain dan di terbit di media. Saat ini sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi di Jawa Timur. Untuk mengenal tulisan Najla, bisa berkunjung ke blog: ohnajla.wordpress.com

    sumber foto: blog.findyourinfluence.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tips Menulis untuk Pemula: Menulis Setiap Hari Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top