• Info Terkini

    Tuesday, October 10, 2017

    Nashrurrahman Priyatna, Penulis Novel "Simpul Mati Tali Cinta"

    Nashrurrahman Priyatna merupakan nama pena Nanang Priyatna yang lahir di Parigi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung pada Selasa,  8 Juni. Saat duduk di kelas 5 SD, ia sudah menulis sebuah novel yang diberinya judul “Keluarga Srikandi”. Namun karena keterbatasan fasilitas dan sarana komunikasi dari tempat tinggalnya di pedalaman Provinsi Bengkulu pada saat itu, novel yang hanya berupa tulisan tangan itu hanya sebatas menjadi bacaan keluarga dan beberapa tetangganya.

    Saat duduk di bangku SMP, kegiatan menulisnya terus berlanjut. Cerpen-cerpen dan puisi-puisinya kerap dibaca dan diperdengarkan dalam acara Pelangi Sastra dan acara Lagu dan Kenangan yang disiarkan satu kali dalam sepekan oleh Radio Khusus Pemerintah Daerah (RKPD) Bengkulu antara tahun 1990-1992. Pada saat itu juga ia menulis novel keduanya yang berjudul “Diana Sang Qoriah” yang baru dapat ia selesaikan saat duduk di bangku SMA. Tapi, lagi-lagi novel itu hanya menjadi bacaan keluarga dan teman-teman sekolahnya, begitu juga dengan novel ketiganya yang berjudul “Srikandi Kembar: Mela dan Meli”, tidak pernah dipublikasikan secara luas. 

    Cerpen-cerpen dan puisi-puisinya pun hanya sebatas menjadi penghias Mading Sekolah. Dan satu-satunya prestasi yang pernah ia raih di bidang kepenulisan adalah juara 1 Lomba Menulis Essai dalam rangka Hari Sumpah Pemuda di sekolahnya pada tahun 1992.

    Kegiatan menulisnya berhenti total sejak ia meninggalkan bangku SMA pada tahun 1995, dan mulai bekerja di sebuah perusahaan textil di Majalaya sampai tahun 2004. Sejak tahun 2004, penulis yang hanya mengantongi ijazah SMA ini, kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan tetap. Selama 4 tahun menjalani hidup dengan beralih-alih profesi, bahkan ia pernah menjadi seorang kuli bangunan dan kernet angkot. Baru pada tahun 2008 ia mendapat kepercayaan untuk tugas sebagai Kasi Pemerintahan Desa Manggungharja, dan pada saat itulah ia mulai menulis kembali hingga sekarang, meski karya-karyanya yang berupa cerpen dan puisi hanya menjadi koleksi pribadi yang sebagian telah ia publikasikan di blog pribadinya wasilahkasih.blogspot.co.id.

    Novel "Simpul Mati Tali Cinta" adalah novel perdana yang diterbitkan oleh FAM Publishing. [FAM]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Nashrurrahman Priyatna, Penulis Novel "Simpul Mati Tali Cinta" Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top