• Info Terkini

    Tuesday, November 28, 2017

    Kongkow Literasi, Ajang Sharing Pegiat Literasi Depok


    Depok, FAMNEWS - Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) kota Depok berkesempatan menggelar kegiatan Kongkow Literasi (KL), Minggu (26/11). Acara  yang berlangsung di Rumah Baca Ceria kota Depok ini sukses menarik antusias dan keceriaan peserta. Kegiatan diawali dengan perkenalan diri ke-16 peserta yang hadir, masing-masing juga menceritakan lebih jauh aktivitas di setiap TBMnya.

    Acara semakin hangat dan cair dengan berbagai kegiatan dan program yang unik, kreatif serta inovatif yang disuguhkan oleh setiap TBM. Tak pelak, hal ini membuat peserta saling takjub dan bergairah. Kegiatan dilanjutkan dengan sharing dari penasihat Forum TBM. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki budaya baca yang tinggi," ujar penasihat Forum TBM, Baron Norwendo di sela-sela kegiatan sharing.


    Baron Nurwendo juga sempat mengulas tokoh kebanggan Indonesia, Soekarno-Hatta yang juga besar karena membaca. "Dua bapak bangsa itu 'gila' baca. Di usia Soekarno yang ke-29 tahun dan Hatta lebih muda setahun, pemikiran keduanya sudah sangat matang, dan yang ada dalam pikiran beliau adalah bangsa. Skala negara. Sementara kita, di usia yang sama namun masih sibuk dengan pekerjaan, keluarga, dan lain-lain" ungkapnya.

    Petuah yang disampaikan Baron seolah menjadi tamparan keras bagi peserta yang hadir. Baron juga berpesan bahwa, pegiat literasi hendaknya tidak lupa bahwa goal utama gerak TBM adalah mendekatkan anak pada buku. Hal itu, kata Baron, dimulai dari kegemaran membaca yang membudaya. Menurutnya, program-program TBM yang menarik merupakan salah satu upaya untuk memuluskan goal utama.


    Sementara itu, Koordinator Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia cabang Depok, Suharto turut memperkenalkan FAM Indonesia dan latar belakangnya, termasuk seluk-beluk event yang diselenggarakan guna memotivasi Forum TBM kota Depok lainnya. Diakui dia, kegiatan ini juga memotivasi dirinya untuk mendirikan TBM FAM Indonesia cabang Depok yang rencananya akan didirikan di kediaman Suharto. Suharto juga berharap, agenda KL berikutnya yang akan diselenggarakan Januari 2018 dapat kembali berjalan lancar, dengan tagline-nya 'Semangat Kolaborasi, Kontribusi, Cerdas literasi'.

    Kegiatan yang berlangsung hingga pukul 14.00 WIB ini diakhiri dengan memberikan beberapa informasi serta masukan dan usulan program untuk rapat kerja Forum TBM.  "Mulai dari informasi tentang follow up tulisan saat jambore, pendataan TBM untuk didaftarkan secara kolektif ke Pos Indonesia guna menjangkau fasilitas pengiriman buku gratis, pendaftaran kolektif pembuatan domain dan hosting" pungkas Suharto kepada Tim media FAM Indonesia. [TIM FAM]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kongkow Literasi, Ajang Sharing Pegiat Literasi Depok Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top