• Info Terkini

    Tuesday, November 21, 2017

    Lapak Baca, Agenda Bulanan Rutin FAM Sorong


    FAMNEWS, Sorong - Lapak Baca Forum Aktif Menulis (FAM) cabang Sorong yang pertama kali digelar Oktober 2017, kembali melapak tepat di hari Pahlawan (10/11/2017). Dikatakan Syarifah, ketua PSDM FAM cabang Sorong, meski cuaca kurang mendukung yang berakibat pada tidak maksimalnya kegiatan namun pihaknya akan terus mengupayakannya.

    "Bulan berikutnya akan kita gelar lagi agar lebih maksimal, mengingat di daerah kami masih sangat minim buku-buku bacaan yang dijual sesuai keinginan pembaca" ujarnya.

    Hal ini didukung oleh minimnya fasilitas penunjang kegiatan belajar, seperti keberadaan perpustakaan daerah maupun kota, yang turut menjadi salah satu alasan kuat mengapa Lapak Baca dirasa perlu hadir melalui FAM cabang Sorong.


    Kegiatan lapak baca sendiri merupakan salah satu upaya mendekatkan Forum kepenulisan yang telah berdiri 5 tahun ini. Untuk itu, beberapa FAMili yang hadir sempat membacakan puisinya dihadapan pengunjung, guna memotivasi agar terus aktif berliterasi di bumi yang tersohor keeksotisan alamnya itu.

    Berlokasi di pusat kota Sorong, tepatnya Taman Deo (depan Bandara Deo) kota Sorong, Papua tak kurang dari 30 peserta antusias memadati lapak baca FAM Sorong. Diantara masyarakat Sorong yang hadir yakni berasal dari berbagai kalangan, seperti anak-anak, umum hingga wartawan cetak dan TV lokal yang turut mempublikasikan kegiatan tersebut.


    Syarifa menambahkan, rencana ke depan FAM cabang Sorong akan kembali menggelar lapak baca di beberapa tempat. Agar lebih menjangkau semua kalangan dan lapisan masyarakat, maka FAM cabang Sorong akan rutin meng-agendakan lapak baca setiap bulan sekali. Namun untuk sementara, pihaknya sepakat untuk satu lokasi terlebih dahulu.

    Diakui Rifa - sapaan hangat ketua PSDM tersebut, saat ini ketersediaan buku salah satunya didukung dari rumah kata, dengan total 200 buku. "Kemarin, kami coba mandiri dari koleksi temam-teman FAM sekitar 100 lebih, belum kami total" singkatnya.

    Lebih lanjut ia menuturkan, semoga dengan adanya lapak baca yang dikoordinatori oleh Rizal Daifulla Rumra ini, bisa semakin menumbuhkan semangat dan cinta membaca serta menulis di kalangan muda dan umumnya masyarakat di kota Sorong. Seperti jargon andalan FAM cabang Sorong, menumbuhkan semangat cinta literasi di Bumi cendrawasih!
    [TIMFAM]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lapak Baca, Agenda Bulanan Rutin FAM Sorong Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top