• Info Terkini

    Sunday, November 12, 2017

    Pameran Lukisan Ampas Kopi dan Orasi Budaya, Warnai Hari Pahlawan


    Kediri, FAMNEWS - Hari pahlawan yang selalu diperingati setiap tahunnya pada 10 November, memang kerap memunculkan hal-hal baru yang unik. Salah satunya gelaran Pameran Lukisan Cekakik (Ampas Kopi) yang diselenggarakan oleh Galeri Lukisan Cekakik Indonesia, yang sukses menggandeng Gus Dur Art Lover dan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia, di Dusun Sumbergayam, Kepung, Kediri, Jumat (10/11/2017).

    Pendiri galeri Lukisan Cekakik Indonesia, Nur Habib, Spd, M.pd, kepada TIM FAM mengatakan bahwa kegiatan ini memang sudah menjadi rutinitas setiap tahun. Hal ini sebagai upaya pengenalan terhadap pameran di galeri tersebut. Pada sambutannya yang sekaligus membuka acara, Nur Habib mengaku bangga atas gelaran pameran yang diselenggarakan oleh pihaknya itu selalu berhasil merebut hati media, termasuk televisi lokal dan nasional yang berkesempatan langsung memublikasikan acara.


    Untuk diketahui, Lukisan Cekakik sendiri adalah lukisan yang bahan dasarnya terbuat dari ampas kopi. Nur Habib memerlihatkan beberapa karya lukis dari ampas kopi itu yang dipajang di depan dan di dalam rumah galeri. "Lukisan ini juga merupakan karya siswa-siswi Madrasah Aliyah (MA) Ma'arif Kepung, Kediri dalam rangka menyelesaikan tugas akhir sekolahnya" ujar pria yang telah banyak menggelar pameran dan diundang ke berbagai acara seni lukis hingga ke Swiss itu, Jumat (10/11/2017).


    Beberapa karya, lanjut dia, diantaranya ialah lukisan Gus Dur, lukisan Dewi Kilisuci, tokoh-tokoh Nahdatul Ulama, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk harga lukisan sendiri, masih dikatakan peraih berbagai penghargaan ini, memang beragam. "Harga mulai 1, 5 juta hingga 8 juta" imbuhnya.


    Pameran juga dimeriahkan dengan kegiatan Orasi Budaya yang ditampilkan secara apik, oleh Aliya Nurlela dari Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia, yang saat itu hadir bersama tiga orang tim-nya. "Orasi budaya dalam rangka peringatan hari pahlawan ini sekaligus sebagai bentuk mengenalkan kegiatan literasi. Berkarya adalah dalam rangka mensyukuri potensi yang diberikan Sang Pencipta, dan berkarya juga bagian dari ibadah," tutur Sekjen FAM Indonesia itu dengan tegas.

    Selain itu, ditampilkan pula pembacaan puisi oleh 3 perwakilan dari Komunitas Gus Dur Art Lover yang dilengkapi oleh salah satu pegawai BTPN. Acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB hingga 10.30 WIB itu turut dihadiri oleh siswa-siswi Madrasah Aliyah Ma'arif Kepung-Kediri, komunitas Seni Lukis dan komunitas-komunitas lainnya, serta tak ketinggalan mahasiswa Unhas Jombang, Jawa Timur. [TIM FAM]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pameran Lukisan Ampas Kopi dan Orasi Budaya, Warnai Hari Pahlawan Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top