• Info Terkini

    Monday, December 18, 2017

    'Klepon Pintar' Kiko Motivasi Anak-Anak untuk Menulis


    Sidoarjo, FAMNES - Peluncuran buku bertajuk "Klepon Pintar" yang ditulis Marriane Christabel Komiko - atau yang akrab disapa Kiko, dilakukan secara sederhana di SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo tempatnya menimba ilmu, Rabu (13/12). Sebagai wujud rasa syukur, Kiko dan teman-teman satu kelasnya melakukan potong tumpeng bersama kepala sekolah, dilanjutkan dengan makan bersama para guru.

    Patric, ayah Kiko mengaku bangga dan akan terus mendukung pencapaian putrinya tersebut. "Satu hal lagi yang membanggakan kami, ternyata dengan terbitnya buku ini telah memotivasi beberapa teman Kiko untuk menulis. Baik itu teman sekolah, maupun beberapa anak dari teman kami sebagai orangtuanya" ungkap Patric.

    Ternyata, menurut sang ayah, talenta menulis Kiko kian terasah saat ia masuk Ekstra kurikuler Jurnalistik dibawah bimbingan gurunya, Mohamad Solikhan. Bulan Mei 2017 lalu, Patric mengatakan bahwa reportase Kiko dalam kegiatan sekolahnya juga sempat dimuat di salah satu koran lokal di Sidoarjo.



    'Klepon Pintar' ini sendiri merupakan kumpulan cerpen anak yang berisi 10 judul yang diterbitkan oleh FAM Publishing.  Dikatakan Patric, ide menulis buku yang berhasil dirampungkan selama satu tahun itu, berawal dari pengalaman sehari-hari Kiko dan teman-temannya di sekolah. Kiko yang kini menduduki bangku kelas V A itu menulis hal-hal di sekitarnya, dari cerita teman-temannya, kemudian dikembangkan sendiri menggunakan imajinasinya. Selain itu, Kiko juga menuangkan kisah fiktif buah karyanya, seperti dalam judul "Kue Ajaib".

    Mengangkat judul 'Klepon Pintar', gadis kecil yang lahir pada 4 Juli 10 tahun yang lalu itu bukan tak memiliki alasan. Masih dikatakan sang ayah, memilih judul dengan dua kata di atas tak lain ialah berdasar pengalaman Kiko & salah satu gurunya di sekolah yang memang menyukai panganan tradisional, klepon. Kemudian oleh Kiko dihubungkan dengan kegiatan rutin di sekolahnya yang setiap tahun mengadakan kegiatan entrepreneur.



    Melalui buku tersebut, Kiko ingin mengungkapkan tentang persahabatan & kepercayaan diri. Tentang kerja sama yang dihasilkan dua sahabat, yang saling bersaing 'sehat' untuk menjadi yang terbaik demi sebuah prestasi .

    Kiko mengaku senang atas diterbitkannya 'Klepon Pintar', pasalnya buku tersebut telah memotivasi teman-temannya yang lain untuk berkarya. Berikutnya, Kiko berusaha untuk terus berkarya melahirkan sebuah karya. Agar pembaca senang dengan cerita yg disampaikan. Terlebih, Indonesia saat ini sedang kekurangan buku dan penulis anak. Semoga, setelah Kiko, ke depan akan lahir penulis-penulis cilik lainnya. Supaya generasi muda Indonesia lebih peka terhadap literasi. [TIM MEDIA FAM]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 'Klepon Pintar' Kiko Motivasi Anak-Anak untuk Menulis Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top