• Info Terkini

    Thursday, December 14, 2017

    Komunitas Pegiat Literasi Jawa Barat Suarakan Anti Korupsi dengan Puisi


    Cianjur, FAMNEWS - Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) yang jatuh pada Sabtu lalu, (09/12) dimaknai tidak biasa oleh komunitas pegiat literasi. Menghadirkan legislatif, Muhammad Toha--Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar), Ruang Sastra Cianjur bersama Forum Aktif Menulis (FAM) cabang Jabar, Forum Lingkar Pena (FLP) Jabar, dan media patner lainnya mengadakan parade puisi, di halaman Gedung Ampera DKKC Cianjur.

    Mengapa memilih puisi?



    Menurut Dedi Saeful Anwar, penulis "Beyond the Dream" yang turut hadir mewakili FAM Jawa Barat, puisi merupakan cara 'anti mainstream' untuk mengungkapkan "Tidak" pada korupsi. Lebih lanjut ia menuturkan, ada perlawanan dalam setiap bait untuk hal yang merugikan rakyat dan negara tersebut. Dalam setiap kata, terkandung makna yang dalam untuk diresapi hikmahnya.

    Dedi Saeful Anwar sendiri dalam kesempatan tersebut, turut membawakan dua judul puisi. Selain itu, Subhan Ihsan--ketua Ruang Sastra Cianjur dan Iwan B Setiawan dari Sanggar Nina Bobo, juga menggugah semangat peserta yang hadir untuk melawan korupsi. Dengan "Sajak Mata Elang" dan "Catatan Kecil Rabiul Awal", keduanya menggema di peringatan HAKI Jabar.


    Selain parade puisi, masih dikatakan Dedi Saeful anwar, sebelumnya telah direncakan pula untuk 'long march' turun ke jalan, menyuarakan aspirasi dengan membawa spanduk. Baru setelahnya dilakukan parade puisi. Namun karena cuaca yang kurang mendukung dan akibat hujan lebat, pihaknya memutuskan untuk melaksanakan parade puisi saja.

    Meski demikian, disampaikan Dedi Saeful Anwar, antusias peserta tetap menyala. Acara yang berlangsung dari jam 13.00 itu diakhiri pukul 16.00 WIB. Dengan hanya memgambil jeda saat waktu ashar. Melalui kegiatan tersebut, Dedi Saeful Anwar dan rekan pegiat literasi lainnya di Jabar berharap, agar di tahun mendatang Indonesia dapat terbebas dari koruptor. Sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terjamin, dan kesadaran untuk berliterasi juga meningkat. [TIM Media FAM]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Komunitas Pegiat Literasi Jawa Barat Suarakan Anti Korupsi dengan Puisi Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top