• Info Terkini

    Sunday, December 24, 2017

    Oprah Winfrey, Menerobos Masalalu yang Suram


    By: Aliya Nurlela

    Oprah Winfrey, ratu talkshow ternama dunia memiliki masalalu yang suram. Kedua orangtuanya bercerai, saat Oprah masih kecil hingga mengharuskannya tinggal di rumah sang nenek dalam lingkungan miskin dan kumuh. Enam tahun kemudian, ia tinggal bersama ibunya yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Namun, sejak umur 9 tahun (selama 4 tahun) ia mendapat pelecehan seksual dari saudara sepupu dan teman-temannya. Di usia 13 tahun, Oprah melahirkan bayi laki-laki dan dua minggu kemudian, bayinya meninggal. Oprah mencoba melarikan diri dari rumah dan dikirim ke tahanan anak, tapi ditolak karena penuh. Setelah itu, ia pergi dan tinggal bersama ayahnya yang kemudian mendidiknya dengan kedisiplinan.

    Usia 17, Oprah Winfrey memenangkan kontes kecantikan Miss Black Tennessee  dan mendapat tawaran pekerjaan on-air di WVOL, sebuah stasiun radio yang melayani komunitas Afrika Amerika di Nashville. Oprah terus belajar dan berkarir, hingga mengantarkannya pada kesuksesan dan terkenal.

    Tokoh wanita Afro-Amerika ini menjadi penyiar dengan bayaran tertinggi di Amerika. “Oprah Winfrey Show” ditonton 48 juta pemirsa di negaranya dan disiarkan di 126 negara. Sudah menulis lima buku dan menerbitkan dua majalah terkenal dengan  2,3 juta pembaca setia, setiap bulannya. Berbagai penghargaan bergengsi internasional pernah diterimanya. Dia termasuk wanita pertama dalam sejarah yang memiliki dan menghasilkan talkshow sendiri. Dia juga tercatat sebagai miliarder perempuan pertama dari Amerika-Afrika.

    [Cerita ini dikutip dari kisah nyata Oprah Winfrey, berbagai sumber/sudah saya ringkas]

    Pengalaman suram di masalalu, bukan untuk DIRATAPI. Terus-menerus meratapi peristiwa pahit di masalalu, tidak akan MENGUBAH apa pun, justru membuat fisik dan mental menjadi TIDAK SEHAT. Ujung-ujungnya berdiam diri, tidak berbuat apa-apa, minder, stres, dan tidak bergairah menjalani hidup.

    Oprah Winfrey sangat punya alasan kuat UNTUK TIDAK BERUBAH. Orang MENCIBIRNYA karena ia berkulit hitam, tidak cantik, tidak seksi, tidak tinggi dan korban pemerkosaan, tetapi cibiran itu menjadi DORONGAN baginya untuk BANGKIT. Dia MENANTANG pandangan dunia tentang keindahan WAJAH dan bentuk TUBUH. Dia BERHASIL menerobos masalalunya yang suram.

    *)Aliya Nurlela, Novelis dan Pegiat FAM Indonesia
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Oprah Winfrey, Menerobos Masalalu yang Suram Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top