• Info Terkini

    Tuesday, January 16, 2018

    Ciptakan Ide Tulisanmu!



    Ledakkan idemu, Agar Kepalamu Nggak Meledak 
    (Sebuah judul buku karya Gol A Gong) 
      By: AsyahAl-ayubi 

    Kiranya sudah ribuan artikel yang mengangkat tema mengenai cara menemukan ide. Terutama ide untuk menulis yang biasanya menjadi kendala besar bagi seorang penulis pemula. Ide atau gagasan adalah langkah awal dalam penulisan. Seorang penulis akan mulai menulis jika telah menemukan ide yang tepat dan unik untuk ditulis. Nah, bagaimana jika ide itu tak muncul? Benarkan ide itu bisa hilang atau justru tak kunjung datang. 

    Pertanyaan tersebut memang biasa dilontarkan oleh penulis pemula. Mereka merasa sedang diambang kebuntuan untuk mengawali sebuah tulisan. Mulai saat ini, buanglah jauh-jauh dari pikiran bahwa ide itu sulit didapatkan, ide tidak bisa hilang selama manusia itu hidup. Yah, teori saja tidak cukup. Maka penting bagi penulis pemula untuk mencoba langkah-langkah dalam mengeksloprasi ide di bawah ini. 

    1. Membuka diri pada diri anda, keluarga dan lingkungan. 
    Seorang penulis harus memiliki daya kepekaan yang tajam. Jika kalian ingin ide lahir dengan sendirinya maka bersikap terbukalah pada diri Anda, keluarga dan lingkungan. Menceritakan mengenai kehidupan diri sendiri dapat memunculkan ide-ide yang baru. Membuka pada diri sendiri dengan mengingat kehidupan Anda yang layak Anda ceritakan pada semua orang melalui tulisan. 

    2. Buatlah catatan hari 
    Ada yang mengatakan bahwa terkadang seorang penulis itu memiliki sifat tertutup atau introvert, maka mereka sangat nyaman dengan menulis sebagai media dalam mencurahkan perasaannya. Catatan harian itu mampu memberikan ide untuk dikembangkan menjadi sebuah cerita. kalian perlu memiliki catatan harian untuk mencurahkan energi kalian pada tulisan. Apa pun itu yang erat kaitannya dengan hal yang telah dilalui oleh penulis 

    3. Membaca. 
    Penulis harus tahu semua hal, namun tidak harus setuju dengan apa yang dibacanya. Karena pada kenyataannya ide akan muncul ketika kalian tidak suka dengan apa yang kalian baca. Mengapa tidak, karena setiap orang memiliki pandangan yang berbeda. Maka itu akan menjadi ide tulisan baru dari satu masalah atau tema yang sama. 

    4. Penulis harus menjadi pengamat yang aktif. 
    Peka itulah sifat yang harus dimiliki oleh penulis. Jika seorang penulis tidak menjadi pengamat maka dia bisa menggali jutaan ide yang ada di sekitarnya. Penulis bisa mengambil sebuah ide dalam kondisi yang sedang terhangat baik di lingkungan terdekat atau nasional. 

    5. Tuliskan apa pun jangan pikirkan aturan 
    Bagi penulis pemula, tuliskan apa pun yang ada dalam pikiranmu, jangan menjadikan peraturan penulisan menghalangi ide untuk berkembang. 

    Yuk, mulai menulis! Ciptakan idemu. Ledakkan idemu agar kepalamu nggak meledak.[FAM] 


    *)AsyahAl-ayubi adalah nama pena dari Nur Asyah lahir dan besar di Purwakarta.Seorang guru SLB ini menyukai dunia literasi semenjak SD,Sang Ayah yang selalu membaca Koran membuat As panggilan akrabnya ini mengikuti jejak sang Ayah. Jika ingin berdiskusi dengannya,silahkan hubungi; 0895 63900 2824 dan berkunjunglah ke-blognya;asyahalayubi.blogspot.com.

    Sumber gambar: media.esports.vn
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ciptakan Ide Tulisanmu! Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top