• Info Terkini

    Tuesday, January 30, 2018

    Kiat Marketing Pemula Ala Alvin Shul Vatrick, Marketing Teraktif FAM 2017


    FAMNEWS, Kediri - Alvin Shul Vatrick benar-benar tidak menyangka, saat dirinya dinobatkan sebagai Marketing Teraktif sepanjang 2017 lalu pada awal 2018. Pria kelahiran Luwu,18 Oktober 1977 ini mengaku, memasarkan layanan jasa FAM Publishing merupakan bentuk pengabdiannya terhadap sastra Indonesia. "Membantu mereka yang memiliki bakat menulis untuk mengabadikan karyanya dalam bentuk buku, yang saya percayakan kepada FAM Publishing dalam hal penerbitan, murni sebagai wujud cinta saya kepada literasi. Terutama kepada FAM Indonesia," ujar pemilik nama Shul Vatrick ini.

    Pada dasarnya Alvin--nama pena Shul Vatrick--bukanlah orang Marketing. Namun bagi Koordinator FAM cabang Luwu ini, menjadi marketing yang paling mudah ialah dengan memaksimalkan kualitas cetak, memaksimalkan promo buku-buku terbitan FAM Publishing, terutama karyanya sendiri. Selain itu, meningkatkan kontrol terhadap cabang-cabang FAM agar terjalin hubungan yang lebih baik lagi antara sesama pengurus, dengan lebih sering membagi kiat-kiat menulis kepada grup-grup binaan FAM, juga sangat mujarab dilakukan untuk marketing pemula. Bahkan sejak aktif di FAM 2016 lalu, sebagai editor naskah dan cover, dirinya langsung mengaplikasikan kiat tersebut dengan mengajak teman-teman di dunia maya, seperti facebook untuk menerbitkan buku mereka di FAM Publishing.

    Penulis yang karyanya sempat menghiasi rubrik remaja harian Palopo Pos, Riau Pos dan lainnya ini juga giat menghadiri undangan dari beberapa forum kepenulisan, seperti komunitas di kampus. "Saya senang berbagi pengetahuan seputar hal kepenulisan, memberi motivasi dan dukungan kepada pegiat sastra (penulis) yang baru mengenal dunia menulis," terangnya.

    Saat ini, penulis Sepisau Rindu yang diterbitkan FAM Publishing 2017 lalu tengah merampungkan sebuah novel berjudul Mawar di Atas Pusara, dan buku kumpulan puisi tunggal Gending Sunyi yang akan segera terbit tahun ini. Selain buku tunggal, Alvin telah menggagas beberapa antologi bersama, di antaranya Senandung Tinta Jingga (FAM Publishing 2016), Bait Nusantara (FAM Publishing 2017), Tinta 12 Pena (FAM Publishing 2017), Nyanyian 12 Pena (FAM Publishing 2017), Jejak Tinta GPMH (FAM Publishing 2017), Senandung Cinta untuk Hanny (FAM Publishing 2017), Quatrain untuk Rahma (FAM Publishing 2017), Opera Cinta dalam Sebait Puisi (FAM Publishing 2017), Harmoni Bisu (FAM Publishing 2017), Mozaik Rindu (FAM Publishing 2017), Kidung Tahniah (FAM Publishing 2017), Jejak Pena (antologi telaah puisi, FAM Publishing 2018). Ia juga mengikuti undangan antologi dari teman-teman penulis dalam beberapa buku, seperti Menderas sampai Siak (antologi penyair asean, penerbit Imaji 2017), Soekarno dan Wong Cilik (Tulus Pustaka 2017), dan lainnya.


    Tak berhenti di situ, penyuka puisi ini mengagas pembentukan FAM cabang Luwu sebagai cabang FAM pertama di Sulawesi yang juga terpilih sebagai FAM cabang teraktif ini, tepatnya Sulawesi Selatan. Berlanjut dengan pembentukan FAM cabang Bosowasi, dengan wilayah kerja di empat kabupaten yakni Bone, Soppeng, Wajo, Sidrap. Kemudian dirinya turut merekomendasikan untuk pembentukan cabang FAM Palu Sulawesi Tengah, yang langsung dikukuhkan oleh walikota Palu, Drs. Hidayat, M.Si pada Agustus 2017 sekaligus menyelenggarakan perayaan Hari Puisi Indonesia di FAM Palu. "Sebulan lalu, saya membentuk kembali, FAM cabang Kolaka Utara Sulawesi Tenggara" jelasnya.

    Bagi Alvin, ragam kegiatan kepenulisan di berbagai daerah sangat berpotensi positif terhadap perkembangan dan pengembangan literasi di semua kalangan. "FAM Publishing telah melahirkan banyak penulis yang tidak hanya terpaut pada usia remaja dan dewasa saja, penulis belia dan penulis lansia pun dirangkulnya. Ini bukti nyata bahwa FAM Publishing telah mendapat kepercayaan dalam penerbitan," paparnya sembari menambahkan FAM Publishing tidak hanya menerbitkan, namun juga membantu publikasi dan penjualan buku terbitan FAM Publishing secara online di grup-grup binaan FAM dan website FAM Indonesia. [TIM Media FAM]

    Keterangan foto 1: Alvin Shul Vatrick.

    Foto 2: Foto bersama ketua FAM Palu, Bpk Dr. Loddy Surentu (berkacamata), Walikota Palu, Bpk Drs. Hidayat, M.si (kemeja biru), Ketua FAM Bosowasi, Dr. Muhsyanur (kaos ungu), Dosen sastra Untad, Bpk Drs. Sugit (kemeja batik), teman-teman penulis dan peserta lomba baca puisi dalam perayaan Hari Puisi Indonesia di Palu.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kiat Marketing Pemula Ala Alvin Shul Vatrick, Marketing Teraktif FAM 2017 Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top