• Info Terkini

    Wednesday, March 28, 2018

    Febbi Sena Lestari, Siswa SMKN 1 Blitar, Juara Tiga Puisi Bencana Alam yang Bercita-Cita sebagai Sastrawan


    FAMNEWS, Kediri--Febbi Sena Lestari, dialah sang juara ketiga lomba cipta puisi bertema Bencana Alam yang belakangan sukses diselenggarakan Forum Aktif Indonesia (FAM) Indonesia. Pelajar kelas XI di SMKN 1 Blitar ini telah belajar menulis secara otodidak sejak kelas VII SMP, tetapi diakuinya hanya sebatas corat-coret di kertas, belum dipublikasikan. Tulisan pertamanya berupa cerita ala anak-anak. Meski sudah tertarik menulis sejak dini, tetapi Febbi baru bisa sedikit lebih fokus untuk menulis saat dirinya duduk di bangku menengah atas. Pasalnya, saat SMP dirinya belum menemukan media yang mendukung.

    “Pernah mengikuti lomba pun cuma sekali. Nama saya terlalu tenggelam di SMP favorit di kota saya, SMPN 2 Blitar saat itu. Baru di SMK saya diajak lomba karya tulis ilmiah oleh teman dan bertemu pembimbing yang ternyata seorang penulis. Dari sana kemudian saya mendapat bimbingan menulis, baik fiksi maupun nonfiksi, dan semakin percaya diri untuk mengikuti lomba menulis,” tutur Febbi yang aktif mengikuti ekstrakurikuler Jurnalistik di sekolahnya ini.


    Sebagai siswi yang berkonsentrasi pada Teknik Komputer Jaringan, Febbi tetap mengasah  kemampuan menulisnya melalui blog pribadi, yang ia update satu minggu sekali. “Berangkat sekolah pagi dan pulang sore sudah menjadi rutinitas bagi saya, apalagi saat ada kegiatan ekstrakurikuler, pasti pulangnya lebih sore lagi bahkan maghrib. Makanya saya jadwalkan untuk menulis tiap malam Minggu, karena malam-malam biasa, saya masih harus berbagi waktu dengan ilmu pelajaran lain dari sekolah,” paparnya remaja kelahiran Blitar, 23 Februari 2001. Untuk inspirasi sendiri, Febbi sering mendapatkannya melalui bahan bacaan ataupun film-film yang ia tonton.

    Meski kerap berkutat dengan komputer jaringan, ke depan Febbi ingin fokus mendalami sastra saat di perguruan tinggi. Dikatakan Febbi, banyak yang mencibir dan banyak pula yang mendukung cita-citanya tersebut. Itu tidak masalah bagi dia, sebab cita-cita menjadi seorang sastrawan lebih kuat. Untuk itu pula ia terus melatih kecakapannya dalam menulis terutama puisi, tak heran jika Febbi dianugerahi gelar juara tiga pada lomba cipta puisi Bencana Alam FAM Indonesia. Bagi Febbi, menulis adalah caranya mengekspresikan diri dan gagasannya.

    Febbi mengaku sangat senang berhasil menaklukkan juara tiga dalam lomba cipta puisi Bencana Alam ini, sebab sejak SMP ia sering kali mengikuti lomba menulis yang diadakan FAM Indonesia, tetapi selalu belum beruntung. Seiring kegagalannya itu pula, Febbi terus meningkatkan kualitas menulisnya, sedikit demi sedikit tulisan yang diikutsertakan dalam lomba di FAM Indonesia dapat diterima dan dibukukan. “Mendapat kehormatan sebagai juara 3, sungguh sesuatu yang tidak bisa disangka dan sulit dipercaya, namun yang membuat saya semakin bangga itu adalah juara 1 dan 2. Keduanya penulis dan sastrawan ulung, sedangkan saya masih awam sekali. Disejajarkan dengan dua penulis juara 1 dan 2 itu membuat semangat saya semakin meningkat, untuk terus berlatih dan berlatih,” ungkap Febbi.


    Sepanjang karir menulisnya yang sudah dimulai sejak bangku sekolah—melalui lomba menulis dan cipta puisi—tak jarang Febbi menemui kegagalan. Namun beberapa karyanya juga mendapat tempat tersendiri di hati dewan juri dan pembaca. Berikut beberapa karya Febbi Sena Lestari yang lolos dalam lomba kepenulisan:

    - Juara 1 LKTI Sansekerta (SMADA Essay Competition) 2016 Tingkat SMP/ MTS se eks Karesidenan Kediri (penyelenggara SMAN 2 Blitar)

    - Juara 2 LKTI Kegiatan Konservasi Ekosistem Sumber Daya Hutan 2017 Tingkat SMA/ SMK se provinsi Jawa Timur (penyelenggara Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur)

    - Juara Harapan 3 FLS2N Cipta dan Baca Cerpen 2017 Tingkat SMK se provinsi Jawa Timur

    - Juara 3 Lomba Cipta Puisi Tema Bencana Alam 2018 Tingkat Nasional (penyelenggara Penerbit FAM Indonesia).

    Sebagai pemula, Febbi merasa bersyukur diahirkan oleh ajang kepenulisan seperti yang diselenggarakan FAM Indonesia—tempat ia pertama kali mengirim tulisan yang kian memacu adrenalinnya untuk giat belajar. ”Terima kasih, FAM Indonesia. Saya harap FAM bisa menjadi lebih baik lagi, lebih berkembang, dan bermanfaat bagi siapa pun,” tutup Febbi akhiri perbincangan bersama TIM Media FAM Indonesia via pesan whatsapp.[TIM MEDIA FAM]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Febbi Sena Lestari, Siswa SMKN 1 Blitar, Juara Tiga Puisi Bencana Alam yang Bercita-Cita sebagai Sastrawan Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top