• Info Terkini

    Sunday, May 27, 2018

    Wujudkan Literasi sebagai Budaya Kreatif, FAM cabang Galuh Ciamis Gerakkan Literasi Sekolah


    FAMNEWS, Kediri – Forum Aktif Menulis (FAM) cabang Galuh Ciamis, kembali bergeliat dengan Gerakan Literasi Sekolah. Disampaikan oleh koordinator FAM cabang Galuh Ciamis, Yus Rusmana Sudia (50), kegiatan ini dicanangkan akan digelar selama dua tahun ke depan hingga 2019 dengan tema gawe rancage FAM cabang Galuh Ciamis bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Dewan Kebudayaan Kabupaten Ciamis, Dinas Pendidikan, Budaya Pemuda dan Olahraga kabupaten Ciamis, Komunitas Perempuan Penulis Indonesia Cabang Ciamis dan Lembaga Pers Mahasiswa Al-Hikmah Buniseuri.


    Menurut Yus Rusmana, acara yang diikuti oleh siswa, mulai dari tingkat sekolah dasar, menengah pertama dan tingkat atas, guru, mahasiswa, serta masyarakat ini telah dimulai sejak Mei 2018. “Sekarang tengah berlangsung kelas literasi angkatan satu”, ujar Yus kepada TIM Media FAM. Untuk diketahui, FAM cabang Galuh Ciamis sendiri telah berdiri sejak awal Oktober 2015 lalu, dengan penggagas Yus Rusmana Sudia dan Latifatunisa Desri.


    Masih dikatakan oleh pria yang sehari-hari bekerja sebagai pegawai negeri sipil ini, FAM cabang Galuh Ciamis sendiri memiliki kegiatan rutin selain gerakan tersebut, yakni kajian literasi lokal setiap bulan, jelajahi situs dan ritus untuk naskah foklor, pelatihan membaca dan menulis, menerbitkan buku, pameran literasi, diskusi literasi, lomba literasi, dan sebagainya. Sementara kegiatan terbarunya berupa pelatihan jurnalistik, termasuk di dalamnya latihan menulis dan gemar membaca untuk siswa SD, SLTP, SLTA, mahasiswa se-kabupaten Ciamis.


    “Kegiatan-kegiatan ini kami tujukan agar peserta didik dan pendidik, juga masyarakat mampu berliterasi dengan baik, dan tentunya menjadikan litetasi sebagai budaya kreatif,” jelasnya sembari menambahkan terkait keberadaan FAM Indonesia sebagai wadah dan motivator gerakan literasi Indonesia. “FAM Indonesia sangat inspiratif. Bersama FAM, masyarakat mampu mengeja kehidupan dan membaca jendela dunia.” Pungkasnya. [TIM Media FAM]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wujudkan Literasi sebagai Budaya Kreatif, FAM cabang Galuh Ciamis Gerakkan Literasi Sekolah Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top