• Info Terkini

    Monday, November 19, 2018

    PROFIL 75 PENULIS/PESERTA EVENT TER-AKTIF 2018 FAM INDONESIA: SUCI LARASSATY


    Menempa dan menyelesaikan pendidikan di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Padang dengan berbagai kegiatan organisasi menjadi suatu tantangan tersendiri bagi saya. Terlebih lagi dipercaya menjadi Dewan Penasihat Harian di organisasi tersebut. Surat Kabar Kampus Ganto UNP sebagai wadah pencetak jurnalis kampus menjadi tempat belajar bagi saya selain di perkuliahan. Amanah menjadi seorang pemimpin usaha tidaklah semudah yang dibayangkan, tapi bagaimana pun saya harus menjalankan peran yang diamanahkan.

    Berbagai pembelajaran terus saya dapatkan dengan terus berkomunikasi dengan para senior terdahulu. Membangun emosi sesama pemimpin lainnya serta membangun chemistry dengan anggota adalah suatu hal yang tidak sulit bagi saya. Yang menjadi pekerjaan penting  adalah menjalankan salah satu peran saya yaitu mencari dana untuk mensejaterakan semua anggota dalam kegiatan organisasi, misalnya pengadaan dana untuk sebuah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan skill anggota.

    Di SKK Ganto, saya tidak hanya diajarkan kepemimpinan tetapi juga diajarkan tetang jurnalisme. Apapun jabatan di kepengurusan Ganto semua harus turut berperan menjadi reporter cetak maupun online. Saya harus bisa membagi waktu belajar, mencari berita, rapat DPH, dan rapat bidang usaha yang saya pimpin. Selain berkejaran dengan deadline berita yang terus menghantui, jiwa entrepreneur juga saya dapatkan di Ganto. Kreativitas dengan kreasi boneka wisuda untuk menghasilkan uang demi kesejahteraan anggota terus saya geluti. Semua itu saya lakukan semata-mata wujud dari kontribusi saya kepada organisasi yang saya ikuti.

    Selain di Ganto, saya juga aktif di kegiatan kerohanian. Forum Kajian Pengembangan Wawasan Islam (FKPWI) Fakultas Bahasa dan Seni, saya dipercaya sebagai anggota kemuslimahan yang bertugas mengadakan kegiatan khusus untuk para muslimah dalam berkreativitas. Selain itu, saya dan rekan lainnya juga bertanggungjawab terhadap rundown acara. Menjadi salah satu bagian anggota kemuslimahan mengajarkan saya pentingnya kreativitas perempuan dalam membangun sebuah peradaban melalui hal yang sederhana.

    Berorganisasi menjadi salah satu kesenangan yang tidak habis bagi saya semasa kuliah di jenjang S1, saya juga mengikuiti organisasi di luar kampus. Ikatan Mahasiswa Kecamatan Mandau (IMKM) regional Padang adalah salah satu organisasi kepemudaan daerah yang melibatkan saya sebagai founder. Saya diamanahkan sebagai sekretaris umum yang mengurusi masalah administrasi dan surat menyurat. Awal pembentukan organisasai ini hanya diikuti oleh 6 orang pemuda Mandau yang berkuliah di Kota Padang. Saya dimintai berbagai ide untuk perumusan visi, misi, motto, dan segala yang berhubungan dengan kata.

    Selesai mengenyam pendidikan S1 di UNP, saya mencoba peluang kerja di Kota Depok. Dua minggu setelah lulus saya putuskan meninggalkan orangtua dan keluarga di Duri, Riau. Mencoba menempa diri untuk jadi pribadi yang mandiri dan giat berkerja adalah satu upaya yang saya lakukan di sebuah SMP Lazuardi Al-Falah. Selain bekerja, saat ini saya juga sedang melanjutkan pendidikan S2 di Univeristas Muhammadiyah Prof. Buya Hamka. Saya memiliki ketertarikan di dunia kepenulisan, sastra, dan bahasa. Beberapa perlombaan, komunitas, dan grup penulisan saya ikuti untuk terus menempa diri agar menjadi guru abad 21 yang mengikuti perkembanga zaman.


    * Suci Larassaty lahir di Duri, 13 Januari 1995. Setelah menyelesaikan studi  S1 Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Padang  2016, saat ini sedang melanjutkan studi S2 di Uhamka Jakarta. Saya mengabdikan diri menjadi pengajar di SMP Lazuardi Al-Falah, kota Depok sejak tahun 2017 hingga saat ini. Pernah berkecimpung di Surat Kabar Kampus Ganto UNP tahun 2013-2015. Adapun prestasi yang pernah diraih diantaranya Pemain Terbaik III Lomba Berbalas Pantun Bagi Mahasiswa Se-Kota Padang Tahun 2015 Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemenang III Lomba Debat Berbahasa Indonesia bagi Mahasiswa Tingkat Provinsi Sumatera Barat Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015, Kategori 7 Nominator Penulis Pantun Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia, Penulis antologi Puisi “Tarian Gerimis dan Lautku” di Forum Aktif Manulis (FAM), Penulis artikel dan kolom di Bernas cetak.  [FAM]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: PROFIL 75 PENULIS/PESERTA EVENT TER-AKTIF 2018 FAM INDONESIA: SUCI LARASSATY Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top