• Info Terkini

    Monday, November 19, 2018

    PROFIL 75 PENULIS/PESERTA EVENT TER-AKTIF 2018 FAM INDONESIA; YUSRINA ANA KHOLISHOH


    Yusrina Ana Kholishoh, biasa di panggil Rina atau yang dikenal dengan nama pena Ryna Lish, lahir di Sragen, Jawa Tengah pada 23 Agustus 1993. Merupakan alumni Universitas Gadjah Mada, program studi Fisika. Sekarang berdomisili di Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah. Motto yang selalu ia pegang adalah Nothing is imposible as long as God make it happen.

    Prestasi di sekolah telah banyak ia torehkan. Dari sejak sekolah dasar, ia telah mengikuti berbagai macam lomba baik keagamaan, bahasa maupun kesenian dan beberapa kali mewakili kecamatan ke tingkat kabupaten. Selanjutnya di tingkat SMP, ia pernah mendapatkan piala perunggu untuk OSN bidang Fisika di tingkat kabupaten dan selanjutnya maju ke tingkat provinsi. Begitu pula di tingkat SMA, ia masih aktif mengikuti OSN selama dua periode. Adapun prestasi yang mengantarkannya ke bangku kuliah adalah mempertahankan peringkat paralelnya selama 5 semester, sehingga ia dapat diterima melalui jalur undangan (SNMPTN) juga mendapatkan beasiswa Bidik Misi.

    Selama duduk di sekolah pertama maupun atas, ia tidak berkesempatan mengikuti organisasi dikarenakan keterbatasan transportasi. Ia menyadari, pengembangan diri lewat organisasi itu sangat penting. Barulah ketika memasuki dunia perkuliahan, ia menjajal berbagai macam organisasi. Dimulai dari komunitas prodi, lembaga keilmuan tingkat fakultas hingga badan kemahasiswaan tingkat universitas. Berbagai macam kepanitiaan pun ia cicipi. Hingga sampai puncaknya, ia dapat menjabat sebagai Koordinator Sekretaris Eksekutif, setingkat sekretaris umum, di BEM KM UGM.

    Sesuai bidang konsentrasi yang ia minati sejak duduk di bangku SMP, yaitu Fisika, ia memiliki cita-cita menjadi seorang laboran. Kecintaannya terhadap alam semesta, membuatnya berharap kelak dapat memiliki sebuah teleskop buatan sendiri. Oleh karenanya, ia selalu mengambil asisten laboratorium di ruang optik.

    Menulis merupakan kegemarannya sejak di bangku dasar. Berawal dari kesukaannya merangkai kata-kata indah yang mewakili perasaannya. Kegemarannya ini pun semakin terasah di bangku menengah pertama, tentunya di pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, ia pun gemar membaca buku cerita maupun novel di perpustakaan sekolahnya. Berpuluhan puisi pun tercipta dari gejolak perasaan di masa pubertasnya. Selanjutnya, ketertarikannya akan kepenulisan merambah ke cerpen, hingga akhirnya saat di bangku kuliah, ia mulai tertarik membuat cerita novel. Cita-cita lainnya, tentunya adalah menjadi seorang penulis sukses, dengan harapan tulisannya mampu memberi dampak positif juga dapat menginspirasi untuk para pembacanya. Karyanya yang pernah diterbitkan antara lain dalam buku Spasi (antologi puisi – Ellunar), Filosofi Daun (antologi puisi – Tidar Media), Nyanyian Gerimis (antologi puisi – FAM publishing) dan Perempuan yang Tak Layu Merindu Tunas Baru (antologi puisi – FAM publishing).

    Kesibukannya saat ini, selain aktif mengikuti berbagai macam kompetisi kepenulisan, adalah menekuni dan mengembangkan hobinya yang lain, yaitu handicraft atau seni merajut (dapat dilihat di halaman ig @galleryna.id). Selain itu ia juga aktif menjadi content writer quote maupun sajak di akun literasi pribadinya, di instagram @poemsrl. Cerita-cerita karyanya dapat dinikmati di akun wattpad @rynalish.

    Kritik dan saran sangat diharapkan guna meningkatkan kualitas kepenulisan selanjutnya. Silahkan kirim kritik dan saran ke ryna.vg23@gmail.com atau hubungi instagram di @ryna2308. [FAM]

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: PROFIL 75 PENULIS/PESERTA EVENT TER-AKTIF 2018 FAM INDONESIA; YUSRINA ANA KHOLISHOH Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top