• Info Terkini

    Saturday, December 1, 2018

    PROFIL 75 PENULIS/PESERTA EVENT TER-AKTIF 2018 FAM INDONESIA; PIPIN PIRMANSYAH


    Pipin Pirmansyah dilahirkan di Ciamis, 31 Januari 1969. Menempuh pendidikan di SDN Buniseuri 1 Cipaku Ciamis, melanjutkan di SMPN Buniseuri Cipaku Ciamis, kemudian di PGAN Ciamis dan terakhir di IKIP Siliwangi Bandung. Sekarang ia sebagai tenaga pendidik di SMK Bandung Barat 2 Cihampelas di bawah Yayasan Universitas Bandung Barat.

    Sejak menginjak bangku sekolah di SMP, ia sering menulis puisi dan membuat syair lagu namun tidak dipublikasikan. Ia mulai konsentrasi dan fokus di bidang sastra sejak menempuh pendidikan di IKIP Siliwangi Bandung jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, berbagai lomba menulis sering diikutinya dan mulai aktif di dunia literasi begabung bersama FAM Indonesia, lomba yang diikuti lomba kata mutiara bertema “Waktu” FAM mendapat juara ke-3, sebagai 20 terpilih pada lomba kata mutiara tema “Membaca” FAM, Juara 1 lomba cipta puisi bertema “Harapan” Pujangga Tasikmalaya.

    Karya antologi puisinya banyak yang telah dibukukan antara lain antologi puisi “Percakapan” Penerbit ASUPI, antologi cerpen “Dua Cermin Cinta Sepotong Episode” Penerbit Interlude, antologi puisi “Elegi Tentang Buda” Penerbit Perahu Literasi, “Pesan Cinta untuk Sahabat” Penerbit FAM Publising, “Tanah Bandungan” Penerbit FAM Publishing, “Kampung Halaman” Penerbit FAM Publishing dan masih banyak karya yang lainnya.

    Begitu banyak karya yang dihasilkannya, selain menulis ia juga sebagai pencipta lagu . Tahun 2006 menciptakan lagu “Mars RSU Cibabat”. Tahun 2012 menciptakan lagu sunda “ Sulaya Jangji” dan lagu “Geter Cinta”. Tahun 2014 lagu sunda “ Alim Ah”, pada bulan Oktober 2018 menciptakan lagu “Mars PDRI” Persatuan Dosen Republik Indonesia dan masih banyak ciptaan lagu yang lainnya. Ia pun aktif di MGMP Bahasa Indonesia dan di MGMP Seni Budaya sebagai ketua wilayah IV Kabupaten Bandung Barat.

    Baginya menulis dan membuat lagu tidak bisa dipisahkan, berkarya adalah suatu proses yang harus dilakukan agar jadi sebuah bukti nyata dan akan menjadi segudang ilmu yang bermakna. Tanpa menulis tak akan membuahkan karya. Itulah seputar liku-liku perjalanan penulis. Semoga karya-karyanya dapat diterima di masyarakat baik lagu-lagu ciptaannya atau pun karya sastranya.

    Penulis bisa dikunjungi teman-teman di fb: pipin.pirmansyah, IG: @pipin pirmansyah. Smule: Pipinpirmansyah, Youtube : Pirman Chanel. https://youtu.be/jzehsGaz6og
    Email: pipinpirmansyah69@gmail.com. Tlp : 085223001661. [FAM]

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: PROFIL 75 PENULIS/PESERTA EVENT TER-AKTIF 2018 FAM INDONESIA; PIPIN PIRMANSYAH Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top