• Info Terkini

    Thursday, December 13, 2018

    PROFIL 75 PENULIS/PESERTA EVENT TER-AKTIF 2018 FAM INDONESIA; MUHAMMAD NUR HUDA (HUDA CG)


    Muhammad Nur Huda (Huda Cg), lahir di Demak, Jawa Tengah, tanggal 5 Oktober 1989 adalah putra pertama dari dua bersaudara pasangan Bapak Sunaryo dan Ibu Padmi. Ia menyelesaikan pendidikan di TK Abadi Mranak, SDN Mranak 1, sekolah sore Madrasah Diniyah Darul Ulum Mranak, SMPN 2 Demak, SMAN 1 Demak, dan Universitas Negeri Semarang (UNNES). Minat menulisnya tumbuh pertamakali saat ia mengenal blog pada tahun 2007, ia kemudian menulis cerita atau artikel yang inspirasinya ia dapat dari lingkungan sekitar. Tujuan sebenarnya ia menulis adalah untuk menyemangati diri sendiri.

    Selama duduk di bangku kuliah ia aktif di beberapa organisasi mulai dari Himpunan Mahasiswa Jurusan, Kerohanian Islam, Komunitas Pecinta Alam, Komunitas Diskusi, Organisasi Kedaerahan, dan Badan Eksekutif  Mahasiswa. Di luar kampus ia pernah tergabung dalam komunitas Relawan Siaga Nusantara. Kegiatan-kegiatan organisasi tersebut membuat minatnya terhadap luasnya ilmu pengetahuan semakin besar dan ia ingin di kemudian hari dapat membuat buku hasil karyanya sendiri. Selain organisasi ia memiliki prestasi antara lain pernah lolos beberapa judul penelitian, baik lingkup Institusional Fakultas maupun Dikti, menjadi Penyaji Terbaik Penelitian Institusional yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), 10 karya terbaik Essay FIP,30 karya terbaik Brilliant Inovator Competition Unnes, dan ia bersama timnya juga pernah menjadi finalis lomba karya tulis ilmiah PGSD se-Jawa yang dilaksanakan di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)Salatiga dan mendapatkan urutan ke-4.

    Selesai kuliah ia sempat menjadi pengajar di kampusnya sebagai tenaga kontrak. Pada tahun 2012 ia melanjutkan kuliah jenjang Master di UNNES, mengambil Jurusan Pendidikan Dasar konsentrasi IPA, namun tidak sampai lulus karena pada Mei 2013 ia kemudian berangkat ke Sabah-Malaysia bersama 58 pendidik se-Indonesia untuk mendidik anak-anak Buruh Migran Indonesia (BMI) di sana, sebuah program pendidikan yang diselenggarakan oleh P2TK Dikdas Kemendikbud.

    Ia ditugaskan di Pusat Belajar Cummunity Learning Center (CLC) 3 Ladang Luma dan untuk pendidikan setingkat Sekolah Dasar (SD) dan CLC Luma dan Beaufort setingkat Sekolah Menengah Pertama yang memiliki 6 Tempat Kegiatan Belajar (TKB) dengan jarak terjauh 114 Km. Ia juga membantu menyukseskan program kejar paket A, B, dan C di wilayah Beaufort dan sekitarnya. Selama di Sabah ia pun pernah menjuarai lomba inovasi pembelajaran guru CLC se-Sabah – Serawak kategori Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan oleh Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, pada tahun 2017. Ia terus memberi semangat murid-murid dan guru-guru untuk menulis, alhasil terbitlah buku yang berjudul “Jalan Setapak” kumpulan puisi anak-anak BMI di Sabah.  Disusul antologi cerita pendek berjudul “Menuju Puncak”, kumpulan puisi duo murid SMP berjudul “Jendela Kelas Kami”, kumpulan cerpen karya solo seorang murid SMP berjudul “Bermula dari Mimpi”, dan memoar “Merentas Jalan Anak Negeri” oleh salah seorang rekan guru.

    Buku pertamanya yang berjudul “Cerita Kunang-Kunang Negeri (Al Qalam Media Lestari, 2017) menceritakan tentang kisah perjalanannya menjadi guru anak-anak BMI di pedalaman hutan sawit di Negeri Jiran. Karya lain yang telah dibukukan antara lain antologi puisi Bintang (Naa Publisher, 2017), antologi puisi Pesan Cinta untuk Sahabat (FAM, 2018), antologi cerpen Yang Pertama Yang Ku Kenang(FAM, 2018).

    Saat ini masa tugas mengajar anak-anak Indonesia di Sabah-Malaysia telah selesai, pada akhir Mei 2018 ia kembali ke Indonesia dan sebulan berikutnya ia berangkat ke Filipina untuk melanjutkan pendidikan jenjang Masternya. Ia mengambil jurusan Pendidikan Dasar di University of the Immaculate Conception (UIC), Davao City, Filipina. Ia ingin mempelajari ilmu pendidikan lebih dalam lagi dan mendedikasikan hidupnya untuk berkarya dalam bidang pendidikan dasar.

    Huda saat ini tinggal di Filipina bersama keluarga kecilnya, tepatnyadi Peacock St., Phase 2 no. 826, Ecoland, Davao City, Philippines. Di Indonesia ia beralamat di Jln. Demak-Kudus no. 22, Desa Mranak RT 2 RW 5, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. [FAM]

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: PROFIL 75 PENULIS/PESERTA EVENT TER-AKTIF 2018 FAM INDONESIA; MUHAMMAD NUR HUDA (HUDA CG) Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top