• Info Terkini

    Tuesday, March 12, 2019

    Buku-buku Terbitan FAM Publishing Menjadi Bacaan Menarik di Perpustakaan SMAN 3 Luwu, Sulawesi Selatan


    Pengelola perpustakaan SMAN 3 Luwu baru-baru ini menambah pengadaan stok buku-buku karya sastra guna keperluan sebagai bahan belajar siswa dalam menulis karya sastra berupa prosa dan puisi. Hal ini adalah bentuk peduli literasi dari pihak sekolah untuk menggalakkan/melestarikan budaya membaca kepada peserta didik di sekolah-sekolah sebagai upaya membangkitkan kembali gairah baca yang akhir-akhir sangat minim dikarenakan dampak maraknya gadget dan ponsel yang merupakan tantangan peradaban modern.


    Untuk meminimalisir kemerosotan minat membaca buku di kalangan siswa, Dra. Hj. Andi Rawe, M. Pd. selaku kepala sekolah SMAN 3 Luwu mengintruksikan kepada Kepala Perpustakaan sekolahnya, agar lebih memberdayakan perpustakaan sebagai sarana membangun minat membaca siswa, menumbuhkan kecintaan siswa terhadap membaca, memperkaya pengalaman belajar siswa, menanamkan kebiasaan belajar mandiri yang akhirnya siswa dapat belajar dengan mandiri, mempercepat proses penguasaan teknik membaca, membantu perkembangan kecakapan berbahasa,  memperlancar siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah, membantu guru-guru menemukan sumber-sumber pengajaran, membantu dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagaimana Bafadal (2009 : 6) menyebutkan bahwa, “perpustakaan sekolah itu merupakan sumber belajar, karena kegiatan yang paling tampak pada setiap kunjungan siswa adalah belajar, baik belajar masalah-masalah yang berhubungan langsung dengan mata pelajaran yang diberikan di kelas, maupun buku-buku lain  yang tidak berhubungan langsung dengan mata pelajaran yang diberikan di kelas. Apabila ditinjau dari sudut tujuan siswa mengunjungi perpustakaan sekolah, maka ada yang tujuannya untuk belajar, untuk berlatih menelusuri buku-buku perpustakaan sekolah, untuk memperoleh informasi, bahkan ada yang tujuannya hanya untuk mengisi waktu senggang atau sifatnya rekreatif.”


    Berdasar dari hal tersebut, Hernawati Alie, S. Pd., M.M. sebagai kepala perpustakaan SMAN 3 Luwu menghubungi tim marketing FAM Publishing sebagai Divisi Penerbitan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia dalam hal ini adalah Alvin Shul Vatrick (Koordinator FAM Wilayah Sulawesi) untuk meminta rekomendasi buku-buku sastra seperti buku teori dan telaah karya sastra, novel, dan kumpulan cerita. Maka, disepakati untuk menambah pengadaan buku perpustakaan SMAN 3 Luwu dengan buku terbitan FAM Publishing. Di antaranya: Analekta Telaah Sastra karangan Yeni Sulistiyani, novel serial Risoles Kota Manis dalam beberapa edisi karangan Aliya Nurlela, novel Calon Arkeolog karangan Aliya Nurlela, novel Memori Angkot 08 karangan Aliya Nurlela, dan kumpulan cerpen Sebait Pesan Selepas Hujan karangan Aliya Nurlela. Novel-novel karya Aliya Nurlela (Manajer FAM Publishing) dipesan sebanyak 40 novel.


    Keberadaan buku-buku tersebut disambut dengan antusias hingga setiap saat ruangan perpustakaan SMAN 3 Luwu selalu dipenuhi kalangan siswa yang menikmati bacaan dari buku-buku terbitan FAM Publishing. Hal ini menjadi sebuah kebanggaan pengelola perpustakaan yang boleh dikatakan berhasil menarik minat baca siswa.

    Sebelumnya, Alvin Shul Vatrick telah beberapa kali mengunjungi perpustakaan SMAN 3 Luwu guna mengantarkan beberapa buku puisi karyanya yang didonasikan dengan harapan siswa peminat puisi lebih mudah mendapatkan bahan bacaannya. Apalagi Alvin Shul Vatrick adalah alumni dari sekolah tersebut.

    Hernawati Alie, S. Pd., M.M. berharap usahanya tidak sia-sia dalam mengelola perpustakaan SMAN 3 Luwu. Dan, untuk ke depan diharapkan kerja sama baik dengan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia dalam hal literasi.



    Luwu, 11 Maret 2019

    Alvin Shul Vatrick

    (Koordinator FAM Wilayah Sulawesi)



    Keterangan foto: 1. Guru dan siswa bersama novel karya Aliya Nurlela

    2. Guru dan siswa bersama novel karya Aliya Nurlela

    3. Para siswa bersama novel karya Aliya Nurlela

    4. Para guru bersama buku puisi karya Alvin Shul Vatrick
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Buku-buku Terbitan FAM Publishing Menjadi Bacaan Menarik di Perpustakaan SMAN 3 Luwu, Sulawesi Selatan Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top