• Info Terkini

    Saturday, March 9, 2019

    Surga Inspirasi Literasi di Kampung Lawas Maspati


    Tanggal 2 Maret adalah tanggal istimewa bagi Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia. Di tanggal itulah, tujuh tahun lalu FAM Indonesia berdiri. Muhammad Subhan asal Padang dan Aliya Nurlela penulis kelahiran Ciamis yang kini menetap di Kediri menjadi pendiri komunitas menulis yang kini cabangnya ada di banyak kota. Untuk memperingati tujuh tahun kelahirannya, FAM cabang Surabaya ditunjuk menjadi tuan rumah.


    Restu kedua pendiri telah didapat dan kami FAM cabang Surabaya bersedia untuk melaksanakan amanah besar tersebut. Dan semuanya berdasarkan niat bonek (bondo nekat). Untuk event skala nasional seperti itu tentu saja bukan hal mudah jika dilakukan dalam tempo waktu sebulan. Kepanitiaan lokal pun dibentuk beranggotakan Reffi Dhinar, Yudha Prima, Lihar Amin, Evie Suryani, Alifah N. Fadilah, dan Handoko.


    Tidak mudah bukan berarti mustahil. Lewat perjuangan panitia lokal dan arahan serta dukungan kedua founder FAM Indonesia, dimulailah pembuatan banner daring, persiapan materi dan pembicara, pernak-pernik acara serta pemilihan lokasi. Kampung Lawas Maspati yang berlokasi di Jalan Maspati Gang VI Surabaya merupakan kawasan kampung asri nan cantik yang telah didatangi wisatawan lokal hingga mancanegara. Tidak boleh ada kendaraan bermotor  menyalakan mesinnya, tiap pengendara harus menuntun motornya untuk menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan kampung.

    Reffi Dhinar dan Bunda Evie Suryani menyambut BapakMuhammad Subhan dari Padang



    pemotongan tumpeng di 2 Maret 2019

    Di tanggal yang telah ditentukan, hadirlah Bapak Muhammad Subhan dan Teh Aliya Nurlela yang rela meninggalkan kampung halaman sejenak untuk bergabung di acara milad sejak 2 sampai 4 Maret 2019. Disusul rekan-rekan penulis lainnya yang berasal dari Lombok, Gresik, Medan, dan lain-lain. Di hari pertama dilakukan briefing singkat serta acara pemotongan tumpeng. Di tanggal 3 Maret kami melakukan jelajah Kampung Lawas. Sejak jam enam pagi para peserta yang menginap melakukan wisata singkat diantar seorang guide profesional. Kami berfoto di tembok-tembok yang sudah dicat cantik dan jalanan yang juga dihiasi gambar menarik. Peserta juga berkunjung di rumah-rumah bersejarah seperti Sekolah Ongko Loro, sebuah sekolah setingkat kelas dua SD yang dulu digunakan oleh para penduduk pribumi.

    Jalan-jalan asyik di Kampung Lawas


    Kampung Lawas Maspati sangat bersih dan unik

    Rumah kuno yang juga menjadi favorit wisatawan


     Dr. Ir. Abdul Hamid, MP sedang membuka diskusi

    Di tanggal 3 Maret beragam tema didiskusikan dengan para pemantik diskusi berpengalaman. Di acara pembukaan diskusi inspirasi, tamu istimewa hadir. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Abdul Hamid, MP., didampingi Kasi Deposit Ibu Soesilowati, S.Sos., M.Si., secara resmi membuka ‘Writing Camp’ Temu Penulis Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia dan Tasyakuran Milad.

    Bapak Abdul Hamid memberikan dorongan agar penulis juga memiliki semangat entrepreneur. Writerpeneur adalah misi yang selayaknya terus dikobarkan semangatnya di antara penulis.

    Bapak Muhammad Subhan memimpin diskusi tentang strategi membangun TBM. Dilanjut dengan  Mas Yudha Prima yang membahas mengenai bagaimana masa depan media cetak. Diskusi ketiga dibimbing Reffi Dhinar untuk memberikan wawasan mengenai konten digital, SEO dasar hingga branding di media sosial. Materi terakhir yang tidak kalah menarik adalah pelajaran dasar mendongeng bersama Kak Handoko dan boneka-bonekanya yang lucu.


    Diskusi literasi tersebut tak hanya membuka cakrawala peserta tentang dunia menulis dan literasi, semangat berkarya dan silaturahmi pun terjalin dnegan hangat. Semoga FAM Indonesia dan cabangnya di berbagai daerah bisa terus berkembang menjadi tempat menebarkan virus menulis dan berliterasi bagi seluruh kalangan. [TIM MEDIA FAM SURABAYA]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Surga Inspirasi Literasi di Kampung Lawas Maspati Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top