• Info Terkini

    Sunday, April 21, 2019

    Duduk Meraut Ranjau Tegak Meninjau Jarak


    Judul: Duduk Meraut Ranjau Tegak Meninjau Jarak
    Penulis: WS. Djambak
    Kategori: Novel
    ISBN: 978-602-335-461-0
    Terbit: Maret 2019
    Tebal:  206 hal; 14 x 21 cm
    Harga: Rp 55.000,-
    (Harga belum termasuk Ongkir)


    Duduk meraut ranjau, tegak meninjau jarak berasal dari sebuah peribahasa kuno yang makna mengenai seseorang yang selalu bekerja tiada henti. Hal itu pulalah yang melekat dalam kehidupan Idrus, seorang anak kampung di kaki Gunung Merapi dan Singgalang, yang diceritakan kembali lewat kisah ini sebagaimana pemuda Minang yang dididik dengan segala kearifan adat dan pendidikan surau nan agamis mulai mengeluhkan lika-liku hidupnya. Mulai dari kondisi ekonomi, keluarga, hingga asmara ala anak-anak remaja.

    Idrus kecil sebagaimana dituturkan di dalam cerita, dibesarkan dikampung halaman tempat ia dilahirkan bernama Aro Kandikir, tepat berada di ujung Nagari Gadut. Ibunya yang berprofesi sebagai guru sekolah dasar dan Ayahnya seorang kuli bangunan dengan pengahasilan yang tidak menentu merawat ia dengan penuh kasih sayang bersama keempat adiknya. Lengkap dengan tingkah polah anak kecil yang mencari jati diri, idrus melewati kanak-kanaknya lewat didikan keras sang Ibu.

    Persoalan kemudian menjadi semakin pelik akibat kondisi ekonomi keluarganya saat Idrus menginjak di kelas dua belas Madrasah Aliyah. Bebannya sebagai anak laki-laki pertama di dalam keluarganya membuat ia harus menyimpan cita-citanya yang begitu mulia. Belum lagi ia harus mengubur perasaannya terhadap seorang gadis yang ia kagumi dan hanya dapat ia sampaikan lewat surat-surat rahasia yang ia tulis tanpa keterangan pengirim.

    Tidak cukup sampai di situ, kerisauan hati Idrus untuk melanjutkan pendidikan terjawab lewat panggilan dari sebuah universitas negeri sebagai mahasiswa undangan. Namun kejamnya kehidupan membuat ia harus memutuskan apakah mangambil kesempatan itu dan pergi merantau demi masa depannya atau mengubur dalam-dalam cita-citanya itu dan memikul beban sebagai abang dari empat adik-adiknya.


    *Buku tidak tersedia stok. Cetak sesuai pesanan.


    [Info pemesanan dan penerbitan di FAM Publishing hubungi Call Centre: 081350051745, atau melalui penulis. Bisa juga via email: aishiterumenulis@gmail.com, dan kunjungi web kami di: www.famindonesia.com]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Duduk Meraut Ranjau Tegak Meninjau Jarak Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top