• Info Terkini

    Monday, April 8, 2019

    Profil Penulis: DS. Anwar (Penulis Kumpulan Puisi Terpilih Terbit Gratis di FAM Publishing Berjudul "Tarian Gerimis)


    Dedi Saeful Anwar, demikian nama lengkap pria kelahiran Cimahi yang kini bermukim di Cianjur, Jawa Barat ini. Kesehariannya disibukkan dengan mengajar. Ia menamatkan studinya di Universitas Terbuka, Jakarta pada jurusan Manajemen. Namun karena ketertarikannya dengan dunia pendidikan kemudian ia studi lagi pada jurusan Pedagogi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung.
    Sebelumnya, saat kecil ia pernah berjualan jagung bakar dan bercita-cita ingin menjadi penjual koran.

     Menginjak dewasa sempat berkecimpung dalam dunia bisnis kecil-kecilan. Ia mencoba membuka usaha sendiri dengan memprodusi dan menjual bermacam kue. Kemudian sempat pula bekerja di beberapa perusahaan swasta. Namun ternyata passion-nya lebih tertarik pada bidang pendidikan dan kini fokus dengan pilihannya.

     Menurutnya semua bidang pekerjaan memiliki persamaan, yaitu tantangan. Bahwa tantangan adalah salah satu penyemangat dalam menunaikan tugas. Jika semangat dalam bekerja tentu saja di sana terkandung nilai keikhlasan yang berujung demi keberkahan.

    Kini di sela-sela aktivitasnya mengajar ia menyempatkan diri dalam kegiatan literasi dan organisasi. Dalam dunia literasi, pengagum karya-karya D. Zawawi Imron dan Sapardi Djoko Damono ini, melakoninya dengan mengalir saja. Berawal dari buku catatan harian hingga mengenal media sosial pada awal 2010-an. Berlanjut hingga pada penghujung 2012 barulah ia mengenal beberapa komunitas literasi di media sosial tersebut. 

    Sejak itulah ghirah menulisnya seperti menemukan pelabuhan dan mulai aktif mengikuti berbagai perlombaan menulis. Tentu saja awalnya hanya sebuah keisengan. Tidak pernah ada target juara karena memang menyadari dengan segala kekurangan ilmunya dalam tulis-menulis.

    Pepatah mengatakan bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil. Sepertinya penikmat senja ini benar-benar mengamini. Terbukti dengan beberapa kali menjuarai beberapa lomba menulis. Juara III Even Menulis "Online Shop, Why Not?" ECA Publishing, Juara II Pedas Final Competition (PFC IV), Juara I Menulis Resensi Buku terbitan FAM Publishing, Juara I Menulis Kata Mutiara Ramadan, dan Juara I Lomba Cipta Puisi bertema "Perempuan" yang digelar Forum Akan Menulis (FAM) Indonesia pada 2018 lalu.

    Sejak itu puluhan Buku Antologi pun terbit seiring intensitasya dalam mengikuti berbagai iven menulis. Sedangkan buku tunggalnya yang telah terbit di antaranya, Senyum Nolina (2013), Pulang (2017), Beyond The Dream (2017), dan Negeri Dua Pertiga Air (2017). Kini buku tunggal kelimanya "Tarian Gerimis" berupa kumpulan puisi yang kedua, sedang dalam proses terbit. Selain mengirim tulisannya ke berbagai lomba, penyuka pesona pantai ini mengirimkan juga ke beberapa surat kabar. Namun tulisannya baru dilirik oleh beberapa media saja seperti  SKH Haluan dan Harian Singgalang, Padang.

    Untuk mengasah kemampuan menulisnya kini ia berkecimpung dalam beberapa komunitas. Selain menjadi anggota Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia yang tentu sudah lebih dulu ia kenal bahkan buku-buku tunggalnya pun diterbitkan oleh FAM Publishing. Kini ia pun masih tercatat sebagai Koordinator FAM Jawa Barat.

     Kemudian saat ini bergabung pula dalam beberapa komunitas menulis lainnya yaitu, Ruang Sastra Cianjur (RSC), Gerakan Masyarakat Literat Cianjur (Gemas Literaci), Forum Lokakarya Literasi, Komunitas Kreatif Cianjur (KKC) dan Komunitas Siloka Bandung. Sedangkan dalam beroganisasi ia aktif menjadi salah satu pelatih dalam Klub Jantung Sehat Kabupaten Cianjur, dan Andalan Ranting Urusan (Anru) Siaga di Kwartir Ranting Kec. Cianjur. 

    Menulis itu media yang nyaman untuk berdialog antara hati dan pikiran demikian penyuka warna biru ini menandaskan. [FAM]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Profil Penulis: DS. Anwar (Penulis Kumpulan Puisi Terpilih Terbit Gratis di FAM Publishing Berjudul "Tarian Gerimis) Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top